Apa yang Menyebabkan Nyeri Dada Tiba - Tiba?

Rasa nyeri pada dada dapat muncul secara tiba - tiba. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas masyarakat dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Mengapa? Rasa nyeri pada dada bisa menjadi salah satu gejala penyakit tertentu. Sehingga, jika rasa nyeri tersebut diabaikan, kondisi tubuh akan semakin parah. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk bisa mengetahui beberapa penyebab rasa nyeri pada dada.

Salah satu yang menyebabkan rasa nyeri pada dada muncul secara tiba - tiba adalah masalah gangguan pencernaan seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ini mengakibatkan sensasi rasa terbakar dan nyeri di bagian dada yang muncul secara tiba - tiba. Selain GERD, penyakit gangguan pencernaan lain yang mengakibatkan rasa nyeri di dada adalah radang pankreas, radang empedu, dll.

Selain gangguan sistem pencernaan, rasa nyeri yang muncul di dada juga bisa diakibatkan oleh gangguan pada jantung. Beberapa penyakit pada jantung yang bisa menyebabkan rasa nyeri di dada secara tiba - tiba adalah angina, diseksi aorta, serangan jantung, dll. Selain itu, seseorang yang mengalami masalah pada paru - paru juga bisa merasakan nyeri di dada secara tiba - tiba. Beberapa masalah paru - paru yang muncul secara tiba - tiba adalah hipertensi paru, emboli paru, pneumonia, dll.