Rekomendasi Objek wisata Kudus Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Kudus dikenal luas masyarakat Indonesia karena mempunyai banyak sekali destinasi wisata religi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya makam orang-orang ternama yang memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan agama Islam  ada di sana. Di mana salah satu makam yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika menginjakkan kaki di Kudus yaitu milik Sunan Kalijaga.

Tidak hanya wisata religi saja, salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah itu juga populer karena mempunyai banyak sekali destinasi alam terbaik. Lantas mana saja objek wisata alam terbaik yang ada di Kudus itu?.

10 Objek Wisata Alam Terbaik yang Ada di Kudus dan Wajib Dikunjungi

Untuk Anda yang dalam waktu dekat ini ingin berkunjung ke Kudus, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa rekomendasi objek wisata alam terbaik yang ada di sana. Adapun 10 objek wisata alam terbaik yang ada di Kudus dan wajib untuk dikunjungi seperti berikut ini.

  1. Bukit Puteran

Daya tarik dari objek wisata alam ini yaitu mempunyai pemandangan sangat indah. Bahkan saking indahnya pemandangan di bukit puteran tidak sedikit pengunjungnya yang berasal dari luar kota. Dikarenakan objek wisata ini lokasinya berada di ketinggian 700 mdpl maka tidak heran jika suasana di sekitar terasa sejuk.

Selain dijadikan objek wisata, Bukit puteran juga sering dipakai untuk kegiatan berkemah anak-anak sekolah. Untuk lokasinya sendiri objek wisata ini berada di Gunung Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir terkait tiket masuk ke bukit puteran. Pasalnya harga tiket masuk ke objek wisata itu dibandrol sangatlah terjangkau. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai harga tiket masuk ke bukit puteran bisa mengunjungi website thekarimun.com.

  1. Wisata Alam Selam Semliro

Wisata Alam Selam Semliro ini mempunyai pemandangan yang sangat memukau. Di mana pemandangan yang cukup memukau itu bisa terlihat ketika diabadikan menggunakan kamera. Terlebih lagi di atas gardu pandang yang biasanya digunakan sebagai tempat pengunjung untuk berfoto itu sudah dipasang dengan berbagai spot menarik, tentunya akan membuat hasil jepretan semakin Instagrambel.

Adapun beberapa spot foto yang dipasang itu seperti sayap burung,kursi warna, kelopak bunga raksasa dan bunga mawar. Oleh karenanya wajar jika tujuan utama para wisatawan mendatangi objek ini untuk berburu foto. Sedangkan untuk lokasinya sendiri wisata alam tersebut berada di desa Semliro, Rahtawu, Kecamatan Gerbong, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. Hidden Brown Canyon Kudus

Sekarang untuk menikmati pemandangan dan suasana seperti Green Canyon,  tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Pasalnya di Kudus terdapat objek wisata yang memiliki kemiripan dengan Green Canyon itu. Objek wisata yang dimaksud itu bernama Hidden Brown Canyon Kudus. Di sana nantinya para pengunjung bisa melihat tampilan tebing-tebing berwarna kecoklatan yang begitu eksotis.

Diketahui tebing-tebing itu dihasilkan karena adanya aktivitas penambangan yang sudah ditinggalkan. Bekas aktivitas pertambangan itu menyebabkan terbentuknya tebing-tebing yang memiliki kesamaan dengan Green Canyon di luar negeri. Untuk lokasinya sendiri objek wisata alam itu berada di desa Rowosari, Kecamatan Tembelang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

  1. Puncak Natas Angin

Di kudu sendiri objek wisata alam satu ini sering disebut dengan negeri di atas awan. Hal itu dikarenakan Puncak Natas Angin lokasinya berada puncak Gunung Muria. Dengan begitu membuat objek wisata alam ini sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki hobi mendaki gunung. Untuk akses menuju Puncak Natas Angin sendiri terbilang sangatlah sulit. Di mana para pengunjung harus melewati terlebih dahulu jalur yang berliku-liku dengan cara berjalan kaki.

Meskipun aksesnya terbilang sedikit sulit namun rasa capek itu akan terobati dengan pemandangan di sekitar Puncak Natas Angin yang sangat apik. Sedangkan untuk lokasinya sendiri objek wisata alam itu berada di area Gunung Muria, Rahtawu,  Kecamatan Gerbog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Montel

Destinasi wisata alam yang memiliki ketinggian 50 m itu di Kudus dikenal sebagai air terjun tercantik. Air terjun Montel mempunyai debit yang cukup deras ketika musim hujan. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk mendatangi objek wisata tersebut ketika musim hujan tiba. Hal itu dikarenakan ketika musim hujan keindahan dari air terjun akan terpancar. Sebaliknya ketika musim kemarau tiba air terjun Montel mempunyai debit yang kecil sehingga mengurangi kecantikan tampilannya.

Tampilan dari objek wisata ini juga cukup eksotis dikarenakan mempunyai tebing berwarna coklat kehitaman dengan tanaman rambat dan pohon-pohon mengelilinginya. Untuk lokasinya objek wisata alam itu berada di desa Kajar, Kecamatan Dawe, area Gunung Muria, Rahtawu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. Wana Wisata Ternadi

Wana Wisata Ternadi merupakan salah satu tempat rekreasi di Kudus yang terkenal karena mempunyai pemandangan alam sangat bagus. Bukan hanya itu saja objek wisata ini juga mempunyai pemandangan perbukitan yang berbentuk belekuk-lekuk dengan rerumputan dan pohon hijau. Uniknya lagi dari atas Wana Wisata Ternadi para pengunjung bisa melihat pemandangan langsung berupa pantai Juwana yang terdapat di Growongan Pati. Dikarenakan destinasi wisata ini berada di atas ketinggian, maka wajar jika di sana banyak ditemukan gardu pandang yang sudah dipasang instalasi spot unik untuk kegiatan berfoto. Lokasi dari objek wisata ini berada di desa Ternadi, Dewe, Area Kebun.

  1. Air Terjun Watu Gompeng

Selain air terjun Montel, ternyata di Kudus juga mempunyai objek wisata lainnya berupa Air Terjun Watu Gompeng. Daya tarik dari objek wisata ini yaitu mempunyai tampilan yang cantik dan eksotis. Untuk ketinggian dari air terjunnya sekitar 25 meter dengan debit air cukup deras. Meskipun air terjun itu sangatlah tinggi tetapi kolam air yang ada di bawahnya sangatlah jernih.

Bahkan saking jernihnya tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk berenang. Selain berenang di sana Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berfoto dengan pemandangan air terjun langsung dan bersantai di tepian. Perlu diketahui bahwa objek wisata terbaik di Kudus itu lokasinya berada di Kuwukan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Kali Banteng

Berbeda dengan air terjun sebelumnya, objek wisata ini memiliki keunikan yang terletak pada tangganya. Apabila air terjun pada umumnya menggunakan tangga berbentuk lurus ke bawah, destinasi wisata alam ini mempunyai banyak undakan sehingga tampilannya terlihat lebih unik. Setidaknya terdapat tiga undakan air terjun mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar. Bukan hanya itu saja namun air terjun ini juga mempunyai banyak celah dengan dinding-dinding berupa batu tajam yang terlihat cantik. Jika Anda  tertarik untuk mengunjungi objek wisata itu lokasinya berada di area Gunung Muria, Rahtawu, Kecamatan Gerbog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. The Hills Vaganza

The Hills Vaganza merupakan salah satu objek wisata terbaik di Kudus yang mengusung konsep alam dan kekinian. Berkat keunikan itulah membuat objek wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan tidak sedikit pengunjungnya berasal dari luar kota. Di sana terdapat banyak sekali tempat yang cocok digunakan untuk berfoto. Adapun beberapa spot foto yang terdapat di The Hills Vaganza seperti taman bunga, kolam air terjun, payung-payung yang dipasang di langit-langit dan lain-lain.

Sebagian besar wisatawan mendatangi objek wisata ini ketika malam hari. Hal itu dikarenakan ketika malam hari suasana di The Hills Vaganza sangatlah indah dengan hiasan cahaya lampu. Sedangkan untuk alamatnya berada di jalan raya Kudus, Colo km 13, Dusun Kejar, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.

  1. Desa Wisata Rahwatu

Rekomendasi destinasi wisata alam di Kudus terakhir yang bisa Anda  kunjungi ketika liburan telah tiba yaitu desa Rahwatu. Lokasinya yang berada di ketinggian 1627 mdpl menyebabkan suasana di sekitar sangatlah sejuk. Bukan hanya itu saja namun desa wisata ini terletak di lereng gunung Muria sehingga menyebabkan pemandangan di sekitar terlihat asri dan cantik. Biasanya tujuan wisatawan mendatangi Desa ini untuk menghilangkan stress dan healing. Untuk lokasinya sendiri berada di desa Rahwatu, Kecamatan Gerbog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Tiga Oleh-Oleh Khas Kudus yang wajib  Dibeli

Setelah selesai mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kudus, alangkah baiknya Anda  membeli buah tangan untuk keluarga di rumah. Adapun rekomendasi buah tangan khas Kudus yang wajib dibeli seperti berikut ini.

  1. Keciput

Keciput merupakan jenis makanan kering yang bisa tahan lama. Apabila diperhatikan dengan seksama makanan kering ini mempunyai tampilan seperti  onde-onde. Namun terdapat perbedaan di mana tekstur dari keciput ini lebih renyah dan bentuknya kecil. Selain itu pada makanan keciput ini tidak diberi isian seperti onde-onde. Jika berbicara mengenai harga dari keciput produk tersebut dibandrol sangatlah terjangkau.

  1. Jenang Kudus

Rekomendasi pertama buah tangan yang wajib dibeli ketika berada di Kudus yaitu jenang. Makanan yang mempunyai tekstur seperti dodol garut itu terbuat dari tepung beras ketan dan santan kelapa. Di kota Kudus sendiri jenang seolah-olah telah menjadi ikon makanan khas dari daerah tersebut. Hal itu dikarenakan makanan ini banyak sekali ditemukan di berbagai tempat. Dalam hal ini bagi Anda  yang tertarik dengan jenang Kudus bisa membelinya di toko oleh-oleh terdekat.

  1. Jangklog

Jangklog merupakan makanan tradisional khas Kudus yang bisa dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Makanan khas Kudus ini sebenarnya merupakan jenis umbi-umbian yang biasanya ditemukan di kaki gunung Muria. Maka dari itu makanan khas Kudus ini sangatlah sehat dikarenakan mengandung vitamin b dan serat yang sangat tinggi. Bahkan tidak sedikit penduduk di Kudus yang memanfaatkannya sebagai obat untuk mengurangi resiko stroke, jantung dan kanker.

  1. Kopi Muria

Rekomendasi berikutnya oleh-oleh khas Kudus yang wajib Anda beli ketika berada di kabupaten tersebut yaitu kopi Muria. Kelebihan dari kopi Muria ini yakin mempunyai rasa yang nikmat. Alasan mengapa minuman ini diberi nama kopi Muria dikarenakan kopi itu tumbuh dengan subur di lereng gunung Muria. Untuk mendapatkan produk tersebut Anda bisa membelinya di pusat toko oleh-oleh.

Demikianlah ulasan singkat tentang 10 rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Kudus yang bisa Anda  kunjungi ketika libur telah tiba bersama dengan keluarga tercinta.