Apa Saja Sih Struktur Teks Eksplanasi? Ini Dia Jawabannya!

Belum banyak orang yang tahu mengenai struktur pembuatan teks eksplanasi tersebut. Padahal, dalam membuat teks eksplanasi sendiri tidak boleh sembarangan. Hal ini tidak lain karena teks eksplanasi tersebut mempunyai struktur tersendiri. Jika kamu termasuk salah satu orang yang belum mengetahui strukturnya, simak ulasan berikut!

Pada dasarnya, ada 3 struktur dari teks eksplanasi yang perlu kamu pahami terlebih dahulu sebelum membuatnya. Dimana ketiga struktur tersebut dijabarkan menjadi pernyataan umum, penjelasan, dan juga kesimpulan. Nah, agar kamu lebih jelas lagi dalam memahami ketiga struktur tersebut, yuk baca penjelasan yang ada di bawah ini!

  1. Struktur pernyataan umum

Dalam bagian ini, nantinya kamu akan menyajikan beberapa pernyataan umum. Dimana isinya bisa berisi gagasan yang menjelaskan fakta umum dari kejadian yang diangkat tadi. Dengan kata lain, pernyataan umum ini menjelaskan tentang topik utama dari kejadian itu sendiri.

  1. Struktur penjelasan

Di bagian ini, nantinya kamu akan menjelaskan inti dari teks eksplanasi tersebut. Tentunya kamu harus menjelaskan fakta mengenai proses terjadinya peristiwa tersebut dan juga sebab akibatnya.

  1. Struktur kesimpulan

Terakhir, di bagian yang satu ini kamu akan menengaskan penutup alias kesimpulan dari teks eksplanasi itu sendiri. Dimana nantinya kamu akan membuat ringkasan penjelasan kepada para pembaca. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan gagasan berupa kesan, pendapat, tanggapan, dan juga pandangan yang bersifat teoritis.