Ini Senam Untuk Anak Agar Meningkatkan Perkembangan Motorik

Senam untuk anak usia dini sangat penting untuk melatih gerakan motorik. Senam sendiri adalah suatu cabang olahraga dimana melibatkan penampilan aktivitas dengan bertumpu pada kecepatan, kekuatan serta keserasian fisik dalam gerakan. Senam juga berpotensi dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar. Simak lebih jelasnya.

Senam Irama

Senam Ritmik atau biasanya dikenal dengan senam ritmik adalah pertunjukkan gerakan senam yang diiringi dengan musik. Kadang kala juga ditemani dengan berbagai alat bantu senam. Olahraga ini dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan banyak orang. Untuk anak usia dini sendiri biasanya dilakukan bersama-sama dan diiringi dengan musik ceria.

Gerakan yang bisa dilakukan adalah gerakan mudah dan simpel yang bisa diikuti oleh anak-anak. Senam untuk anak ini memiliki banyak manfaat. Senam irama sendiri merupakan senam yang sering kali dipakai pada saat waktu olahraga. Selain menambah semangat anak, senam juga dapat membantu menambah kekuatan otot.

Beberapa gerakan senam yang diikuti oleh anak-anak dan remaja dapat meningkatkan disiplin serta mempercepat pembelajaran. Senam irama biasanya dilakukan dengan durasi yang singkat agar anak tidak mudah lelah.

Senam Aerobik

Senam aerobik atau biasa dikenal dengan olahraga aerobik adalah jenis senam yang bisa dilakukan tanpa memerlukan latihan khusus. Berbeda dengan senam irama, gerakan senam aerobik biasanya menekan pada kekuatan, kebugaran dan fleksibilitas. Olahraga satu ini dapat membantu menjaga stamina, tekanan darah hingga menurunkan berat badan.

Senam untuk anak ini dapat dilakukan bersama. Senam aerobik juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan, khususnya untuk remaja yang mengalami obesitas. Aerobik juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Jika senam irama dilakukan dengan gerakan simpel dan mudah, senam aerobik justru dilakukan dengan gerakan yang menguras keringat.

Meski begitu senam ini masih dapat dilakukan oleh anak-anak. Langkah awal senam aerobik biasanya dimulai dengan gerakan jalan di tempat sambil mengangkat kaki setinggi betis. Anak bisa diajari dengan pelan tanpa terburu-buru. Para orang tua bisa mengajari langkah double step atau jogging ke anak-anak.

Meski menguras keringat, program senam ini dapat meningkatkan kesehatan mental serta kualitas tidur. Dengan mengikuti latihan senam secara teratur dapat menurunkan berbagai resiko penyakit. Mengajak anak usia dini untuk senam rutin dapat meningkatkan imunitas mereka di masa mendatang.

Dalam kegiatan senam aerobik, anak kadang kala masih sangat kesulitan dalam meniru gerakan-gerakan senam. Maka dari itu peran orang dewasa sangat penting dalam hal ini. Lagu dan panduan harus lebih sesuai dengan karakteristik. Dengan begitu anak menjadi lebih termotivasi dan tidak terbebani lagi.

Manfaat Senam Bagi Anak

Saat di sekolah, murid biasanya akan diajak senam terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan. Ada beberapa senam dengan iringan lagu terkenal yang biasanya dilakukan. Senam untuk anak ini memiliki banyak sekali manfaat. Baik untuk kebugaran fisik, senam juga mampu mengembangkan kemampuan motorik dan melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Senam juga dapat membantu anak menjadi lebih sehat dan kuat, daya otot mereka juga akan berkembang. Senam yang dilakukan secara rutin dapat melatih kelincahan, kelenturan dan koordinasi tubuh. Selain itu, gerakan senam juga sangat baik untuk melatih refleks tubuh dan keseimbangan tubuh.

Itulah beberapa jenis senam yang dapat dilakukan untuk anak serta apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain senam yang bisa dilakukan, para orang tua juga bisa membuat tempat bermain atau playground untuk anak agar mereka bisa bermain sambil belajar di bawah pengawasan yang bisa dibeli di jual playground anak.