Luar Biasa, Ini Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pohon jarak termasuk tanaman liar dalam famili Euphorbiaceae, dalam bahasa ilmiahnya disebut Ricinus Communis. Tumbuhan ini biasa tumbuh di hutan, kebun dan juga pantai. Akan tetapi ternyata mempunyai banyak manfaat buah jarak bagi manusia.

Adanya manfaat yang begitu banyak, terutama untuk kesehatan dan kecantikan, membuat masyarakat banyak yang membudidayakan. Bagian daun diambil getahnya, sedangkan pada buah biasa diambil minyaknya.

Manfaat Buah Jarak yang Perlu Kamu Tahu

  1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Mengonsumsi minyak biji buah jarak, bagi kaum hawa dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Sifat emmenagogue asam risinoleat-nya, berfungsi membuka aliran menstruasi yang tersumbat, meredakan rasa sakit dan kram.

  1. Meningkatkan ASI

Bagi Ibu menyusui, manfaat mengonsumsi minyak biji buah jarak dapat meningkatkan produksi ASI. Minyak ini berfungsi memudahkan aliran susu.

  1. Perawatan Kulit

Manfaat minyak biji buah jarak digunakan dalam krim anti-stretch mark. Selain itu minyak pada biji jarak juga terbukti efektif untuk mengobati infeksi kulit biasa, seperti jamur dan kutil.

  1. Mengatasi Jerawat

Minyak biji buah jarak yang mengandung asam lemak, dapat membantu mengatasi jerawat. Minyak jarak membersihkan pori-pori yang tersumbat, sekaligus membersihkan bakteri penyebab jerawat.

  1. Menyembuhkan Peradangan

Apabila kamu mengalami peradangan, terutama pada kulit bisa olesi minyak jarak. Minyak ini membantu mengurangi rasa panas, bengkak, dan kemerahan pada kulit yang mengalami peradangan.

Demikin beberapa manfaat dari buah jarak, kaitannya dengan kesehatan dan kecantikan. Bagi kamu yang mengalami masalah kesehatan kulit ringan seperti kulit kering, pecah-pecah, jerawat, bisa mencoba terapi obat alternatif ini. Semoga bermanfaat.