Kereta Api Rajabasa

Kereta Api (KA) Rajabasa merupakan kereta api yang hingga saat ini masih beroperasi. Kereta api ini melayani penumpang dengan rute Tanjungkarang–Kertapati (PP). KA Rajabasa dalam sekali perjalanan dapat menempuh 389 km dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 8 jam 55 menit.

Dalam perjalanannya, Kereta Api Rajabasa melalui Stasiun Rejosari, Tegineneng, Bekri, Sulusuban, Kotabumi, Cempaka, Ketapang, Negararatu, Tulungbuyut, Negeri Agung, Blambangan Umpu, Way Tuba, Martapura, Baturaja, Pagar Gunung, Peninjawan, Prabumulih, dan Payakabung.

Dengan jarak tempuh yang jauh serta banyaknya stasiun yang dilewati, KA Rajabasa hanya beroperasi satu kali pulang pergi dalam sehari.

KA Rajabasa terdiri dari 1 kereta makan pembangkit dan 5 kereta kelas ekonomi. Jumlah penumpang maksimum adalah 106 orang dengan susunan tempat duduk 3–2 saling berhadapan. Dari segi fasilitas, KA Rajabasa menyediakan toilet, penyejuk udara, peredam suara, rem darurat, pemadam api ringan, fasilitas restorasi, serta fasilitas observasi.

Jadwal keberangkatan Kereta Api Rajabasa dimulai pada pagi hari pukul 08.30 WIB baik pada kereta yang berasal dari Stasiun Kertapati maupun dari Stasiun Tanjungkarang. Setelah menempuh perjalanan selama hampir 9 jam, tepatnya pada pukul 17.25 WIB, KA Rajabasa akan sampai pada stasiun pemberhentian terakhir.

Jadwal yang hampir sama menyebabkan penumpang KA ini tidak dapat pergi kemudian pulang di hari yang sama.