Kenali Ciri-ciri Burung Bangau yang Hidup di Iklim Hangat

Bangau adalah jenis burung yang berkeluarga Ciconiidae. Burung dengan pemakan ikan-ikan kecil ini sangat nyaman tinggal di iklim yang hangat. Burung jenis ini membuat sarang besar berukuran diameter 2 meter untuk ditempati seekor burung maupun bersama dengan pasangan.

Ciri-ciri Burung Bangau Secara Umum

Secara umum bangau memiliki leher dan kali yang panjang. Jika dilihat-lihat burung ini begitu berat. Namun meskipun burung bangau berat, mereka bisa terbang tinggi bahkan sangat tinggi dengan kecepatan stabil. Adapun secara jelas ciri-ciri bangau adalah sebagai berikut:

  1. Bangau memiliki sayap yang dapat terbentang dengan lebar, lebar sayap bisa mencapai 3,2 meter.

  2. Memiliki tubuh yang besar. Inilah yang membuat bangau begitu sangat berat. Berat bangau bisa mencapai 5 kg bahkan lebih.

  3. Cara terbangnya dengan memajukan kepalanya dan mendorong kakinya rapat ke belakang.

  4. Mempunyai kaki yang panjang dan sedikit berselaput. Itulah yang membuat bangu bisa berjalan di atas lumpur dan mencari makan.

  5. Bangau tidak mempunyai syrinx sehingga tidak dapat bersuara.

  6. Bangau mempunyai leher panjang dan digunakan untuk menangkap ikan di air yang cukup dalam.

  7. Paruhnya relatif panjang bisa dimanfaatkan untuk memangsa cacing maupun ikan-ikan kecil di lumpur.

Burung bangau merupakan burung yang sering kali bermigrasi. Ini dilakukan agar para burung tersebut bisa nyaman dalam bersarang di tempat yang lebih hangat. Tempat tinggal bangau dapat bertahan hingga lebih dari dua tahun.