Cara Membina dan Membiasakan Komitmen Persatuan di Lingkungan Sekolah

Persatuan merupakan sebuah gabungan, ikatan, atau kumpulan dari beberapa bagian yang sudah bersatu. Karena hal itulah kita dapat mengetahui jika mempertahankan persatuan bagi menjadi penting.

Tidak hanya dilingkungan bermasyarakat, namun persatuan di lingkungan sekolah juga sama pentingnya. Lalu bagaimana cara membina dan membiasakan komitmen persatuan di lingkungan sekolah? Perhatikan ulasan di bawah ini!

1.      Meningkatkan Sikap Toleransi Terhadap Perbedaan

Dengan adanya sikap toleransi di lingkungan sekolah, maka persatuan di antara komponen bangsa juga akan lebih mudah terwujud. Toleransi di sini siswa diharapkan agar dapat menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada di sekolah seperti perbedaan agama dengan teman yang lain, maupun suku dan budayanya.

2.      Mendahulukan Kepentingan Umum

Salah satu contoh mendahulukan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi ketika di sekolah adalah saat guru memberi tugas kelompok, di mana akan terjadi diskusi. Saat berdiskusi sebaiknya tidak memaksakan kehendak sendiri agar tercapai mufakat.

3.      Tidak melakukan Diskriminasi di Sekolah

Cara membina dan membiasakan komitmen persatuan di lingkungan sekolah adalah tidak melakukan diskriminasi. Maksudnya adalah tidak membedakan perlakuan terhadap sesama teman di sekolah karena jenis kelamin, agama, maupun warna kulit.

Itulah artikel mengenai cara membina dan membiasakan komitmen persatuan di sekolah. Perlu diingat bahwa persatuan adalah langkah awal yang harus dilakukan seluruh masyarakat Indonesia tidak terkecuali.  Dengan adanya persatuan pula, maka ketertiban dan keamanan akan tercipta di lingkungan sekolah dan masyarakat.