5 Cara Membersihkan Silikon HP yang Menguning Agar Terlihat Seperti Baru

Banyak yang menggunakan soft case berbahan silikon sebagai aksesoris tambahan pada smartphone, selain untuk melindungi dari kerusakan akibat benturan. Namun sayangnya silikon HP lama kelamaan akan menguning. Tentunya soft case yang menjadi kuning ini bisa mengganggu tampilan HP alih alih mempercantiknya. Berikut cara membersihkan silikon HP yang menguning dapat anda lakukan.

Membersihkan Soft Case Berbahan Silikon yang Menguning

  1. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu bahan paling ampuh untuk membersihkan soft case berbahan silikon yang mulai menguning. Apalagi alkohol ini tidak hanya membuat silikon bersih kembali, tapi juga dapat membantu menghilangkan berbagai kuman dan bakteri yang menempel.

Mengingat bahwa smartphone memang menjadi salah satu benda yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan kuman, karena sering tersentuh oleh tangan. Adapun cara mengaplikasikan alkohol pada silikon bisa menggunakan kapas bersih. Anda juga dapat memanfaatkan hand sanitizer untuk memperoleh kandungan alkohol yang dibutuhkan.

  1. Sabun Cuci Piring

Hampir semua rumah tangga pastinya memiliki sabun cuci piring di rumah. Tahukah anda bahwa sabun cuci piring tersebut bisa digunakan untuk kepentingan lainnya, selain membersihkan alat makan dan alat masak ? Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk membersihkan soft case berbahan silikon yang menguning.

Untuk melakukannya, anda memerlukan kain bersih dan lembut. Adapun langkahnya yaitu ambil sabun cuci piring, kain lembut, serta air hangat. Basahi silikon HP dengan air hangat dan tuangkan sabun cuci piring ke permukaan kain. Kemudian gunakan kain tersebut untuk mengelap HP seperti saat anda mencuci piring. Lap sampai bersih dan terakhir bilas lalu keringkan soft case sebelum digunakan kembali.

  1. Sabun Mandi

Selain sabun cuci piring, cara membersihkan silikon HP yang menguning juga bisa memanfaatkan sabun mandi. Cara ini dapat dilakukan sebagai langkah yang paling mudah karena tidak sulit untuk menemukan sabun mandi di pasaran. Pemakaian sabun mandi ini dipercaya mampu sekaligus menghilangkan kotoran kotoran membandel yang menempel pada soft case.

Untuk mengaplikasikannya, anda bisa menggunakan kain bersih atau sikat gigi. Tapi jika menggunakan sabun mandi batangan dianjurkan untuk memakai sikat gigi supaya lebih merata. Sama seperti sebelumnya, basahi silikon dengan sedikit air dan tuangkan sabun mandi ke kain atau sikat gigi. Selanjutnya gosok permukaan case sampai bersih dan ulangi hingga warna kuningnya memudar.

  1. Pasta Gigi

Perlengkapan mandi lainnya yang bisa anda gunakan untuk membersihkan silikon HP yaitu pasta gigi. Anda pun membutuhkan sikat gigi untuk mengaplikasikannya pada soft case. Kurang lebih caranya tidak jauh berbeda, cukup oleskan pasta gigi pada sikat dan gosok permukaan casing secara perlahan sampai bersih. Pasta gigi yang punya kandungan memutihkan pastinya bisa bekerja efektif di sini.

  1. Minyak Kayu Putih

Jika memiliki minyak kayu putih di rumah, anda pun dapat memanfaatkan bahan tersebut untuk membersihkan warna kuning pada soft case. Minyak dengan bau menyengat tersebut memang terkenal bisa membersihkan berbagai bekas kotoran. Selain noda kuning pada silikon, minyak kayu putih ampuh dalam membersihkan bekas double tape, sisa makanan, bekas stiker, dan lain sebagainya.

Deretan cara di atas tentu perlu dicoba untuk membersihkan silikon, daripada harus selalu membeli yang baru setelah casing menguning. Namun ada baiknya anda membersihkan soft case secara rutin sebelum menjadi kuning. Sebab perawatan yang tepat akan membuat silikon tetap bersih dan tidak cepat menguning. Alhasil anda bisa menggunakannya lebih lama untuk melindungi smartphone dari benturan.