Tetap Harus Dijaga Kebersihannya, Yuk Intip Cara Membersihkan Kuas Makeup

Karena kontak langsung dengan kulit, semua peralatan makeup harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, maka berbagai masalah kesehatan bisa mengintai. Bukan hanya itu, hasil makeup juga tidak akan maksimal jika penuh noda dan kotor kuas make upnya. Maka dari itu penting bagi anda mengetahui cara membersihkan kuah makeup yang benar dan mudah berikut.

Langkah Langkah Mencuci Kuas Makeup Yang Tepat

  1. Membilas Ujung Bulu Kuas

Untuk membersihkan kuas make up, anda bisa membilas bagian ujung kuas dahulu. Sebaiknya anda menggunakan air hangat yang mengalir guna menghilangkan sisa make up yang menempel. Dan pastikan hanya pada bagian ujung kuas saja, karena jika seluruhnya lem perekatnya bisa terkelupas. Yang membuat kuas jadi mudah rusak ataupun lepas.

  1. Menyiapkan Air Larutan Sabun atau Sampo

Anda bisa menggunakan sabun yang lembut atau sampo untuk membersihkan kuas makeup. Air larutan ini biasa anda siapkan terlebih dahulu, masih menggunakan air hangat. Sediakan air hangat pada wadah sedang, kemudian tambahkan 1 sdm sampo atau sabun lembut. Kemudian kocok sampai semua larutan tersebut tercampur dalam air.

Bisa juga sampai ada buih yang muncul pada larutan air ini. Sebaiknya anda tidak menggunakan sabun mandi cair atau sabun biasa. Karena hal ini akan membuat tekstur bulu pada kuas menjadi kering. Saat ini juga sudah ada sabun yang memang khusus untuk membersihkan alat alat make up. Sampo yang digunakan sebaiknya yang bahannya juga lembut.

  1. Membasahi Bulu Kuas dengan Air Larutan Sampo

Langkah berikutnya yakni mencelupkan ujung kuas pada air larutan sampo. Bagian ujung saja, tidak sampai terendam bagian gagangnya. Anda bisa menyentuh bagian kuasnya perlahan jika dirasa masih belum hilang sisa make up. Ingat, pastikan semuanya dilakukan dengan lembut gunakan saja ujung jari anda.

Kemudian anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Jika masih merasa belum bersih, anda juga bisa mengulangi cara tersebut selama beberapa kali. Sampai nantinya air bilasan menjadi bening, yang menandakan tidak ada make up tertinggal pada kuas. Langkah ini tidaklah membutuhkan waktu panjang, namun harus telaten.

  1. Mengeringkan Kuas

Dalam cara membersihkan kuas makeup yang selanjutnya yakni mengeringkan kuas. Tahapan ini menjadi tahapan yang paling terakhir, tetapi harus diperhatikan. Anda bisa memeras bagian ujung kuas sampai tidak ada air yang menetes lagi. Bisa menggunakan tisu bersih ataupun handuk untuk membantunya.

Kemudian anda bisa meletakkan kuas make up yang sudah bersih pada ujung meja, atau angin anginkan. Pastikan jika ujung kuas menyentuh bagian permukaan meja. Dengan begitu airnya bisa langsung turun dan tidak mengenai bagian gagang atau kepala kuasnya. Anda juga sebaiknya tidak menjemurnya di bawah sinar matahari, hanya cukup suhu ruang.

  1. Buat Jadwal

Agar kuas makeup anda tetap bersih, maka ada baiknya anda membuat jadwal mencucinya. Menurut ahli dermatologi, alat makeup bisa dibersihkan 7 sampai dengan 10 hari sekali. Sementara untuk kuas make up nya minimal sebulan, untuk yang digunakan di bagian mata. begitu juga dengan alat make up lainnya, mulai dari spon sampai dengan brush.

Mencuci alat makeup tidak hanya bertujuan untuk menghindarkan masalah kulit. Tetapi juga sebagai cara agar hasil make up maksimal. Peralatan makeup juga bisa bertahan lama jika dirawat dengan baik. Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah membersihkannya. Selain itu anda juga bisa mendapatkan banyak informasi di https://readbeauty.com/.