Tiga Universitas Turki Yang Menerima Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

Di zaman sekarang tidak hanya orang berpenghasilan tinggi saja yang bisa berkuliah di Turki. Namun orang-orang golongan menengah juga dapat merasakan bagaimana mengenyam pendidikan di Turki itu.  Hal itu dikarenakan saat ini Turki  telah banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk golongan orang menengah ke bawah. Lalu universitas mana saja yang menyediakan beasiswa untuk para pelajar Indonesia itu?.

Rekomendasi Universitas Terbaik Di Turki Yang Menyediakan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

Sistem pendidikan di Turki yang memiliki kualitas tinggi menyebabkan tidak sedikit pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di negara tersebut. Bahkan agar bisa merasakan kuliah di Turki dan mendapatkan beasiswa di salah satu universitas di sana para pelajar Indonesia rela  mengorbankan masa mudanya dengan  mengikuti berbagai macam les. Adapun beberapa rekomendasi universitas terbaik di Turki yang menyediakan program beasiswa untuk pelajar Indonesia seperti berikut ini.

  1. Middle East Technical University (METU)

Middle East Technical University bisa dijadikan pilihan pertama ketika ingin melanjutkan kuliah di Turki. Bisa dibilang jika Universitas ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Hal itu terbukti dari menurut EECA Middle East Technical University berhasil menduduki peringkat ke-8 perguruan tinggi terbaik. Untuk lokasinya sendiri berada di ibukota Turki yakin Ankara. Nantinya ketika Anda mendaftar di perguruan tinggi ini tidak perlu khawatir terkait biaya. Sebab Middle East Technical University telah menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia. Perlu diketahui bahwa tujuan utama dari universitas ini yaitu fokus terhadap ilmu alam dan sosial untuk membangun Turki menjadi negara terbaik di Timur tengah. Diketahui hingga saat ini METU telah menerima mahasiswa sebanyak 31 ribu.

  1. Koc University

Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1993 itu saat ini menduduki peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik menurut EECA. Untuk program yang disediakan oleh perguruan tinggi ini bisa dibilang sangatlah banyak yakin terdiri dari 22 program jurusan S1, 32 program jurusan S2 dan 18 program jurusan PhD. Sama halnya dengan perguruan tinggi di atas Koc University juga menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di sana. Sedangkan untuk misi dari universitas ini yaitu melahirkan lulusan yang berkompeten, berpengetahuan luas, berpikir kreatif dan mampu menjadi pemimpin percaya diri.

  1. Bogazici Universitesi

Diketahui salah satu perguruan tinggi di Turki itu saat ini menduduki peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik berdasarkan EECA. Universitas yang didirikan oleh Robert collage pada tahun 1863 itu berlokasi di Istanbul atau ibukota Turki. Untuk bahasanya sendiri materi perkuliahan akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu sebelum memutuskan daftar beasiswa di kampus tersebut pastikan telah menguasai skill berbahasa Inggris dengan baik.

Apa Saja Persyaratan Mendaftar Beasiswa Di Turki Itu?

Saat ini banyak sekali beasiswa kuliah di Turki yang bisa Anda coba untuk daftar. Pada dasarnya persyaratan pendaftaran beasiswa di Turki itu antara satu dengan lainnya sama. Adapun beberapa persyaratan mendaftar beasiswa di Turki seperti berikut.

  • Memiliki usia maksimal 21 tahun untuk jenjang S1.

  • Memiliki usia maksimal 30 tahun untuk jenjang S2.

  • Memiliki usia 35 tahun untuk jenjang S3.

  • Memiliki usia 40 tahun untuk pendaftaran program riset.

  • Memiliki ijazah pendidikan terakhir dalam bentuk bahasa Inggris.

  • Memiliki transkrip nilai dengan syarat minimal sesuai peraturan beasiswa yang dipilih.

  • Hasil ujian masuk Universitas Turki jika mempunyai.

  • Bukti kelulusan.

  • Kartu Tanda Penduduk.

  • Surat rekomendasi.

  • Beberapa persyaratan tambahan sesuai ketentuan universitas yang diinginkan.

  • Surat pernyataan.

Demikianlah ulasan singkat tentang universitas di Turki yang menerima beasiswa.