Penyakit Yang Berhubungan Dengan Sakit Perut Bagian Bawah

Pada seorang wanita, perut bagian bawah merupakan daerah tempat usus besar dan ovarium berada. Sakit perut bagian bawah pada wanita yang sangat melilit atau menyakitkan bisa jadi disebabkan karena ada penyakit saluran usus, saluran kemih ataupun pada organ reproduksi.

Karena itu, jika wanita sering mengalami sakit perut bagian bawah sering dan sakitnya sangat melilit, segeralah datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat waktu.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan sakit perut bagian bawah pada wanita.

1. Nyeri Panggul

Sakit perut bagian bawah pada wanita pertama bisa disebabkan oleh nyeri panggul. Rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri panggul biasanya terletak dibagian perut bagian bawah di bawah pusat. Penyakit yang biasanya menyebabkan masalah ini karena masalah reproduksi, gangguan pencernaan ataupun    penyakit lainnya.

2. Radang Usus Buntu

Jika Anda merasakan terdapat tanda nyeri yang melilit di perut jabab bawah, demam, dan muntah maka segera pergilah ke dokter. Karena ini mungkin pertanda Anda mengalami radang usus buntu.

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan ganggunag pencernaan kronis yang bisa menyebabkan sakit perut bagian bawah. Biasanya penyakit ini disertai dengan sembelit, diare, kembung dan kram perut.

4. Sakit Perut Bagian Bawah Karena Ovulasi

Jika Anda mengalami sakit perut bagian bawah dengan rasa nyeri yang melilit disekitar waktu ovulasi. Maka ini merupakan tanda gejala yang normal selama masa ovulasi. Karena pada masa ini biasanya ovarium akan melepaskan sel telur dengan cairan dan darah yang bisa mengiritasi lapisan perut. Sehingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada perut bagian bawah.

5. Sindrom Pramenstruasi

Sindrom pramenstruasi bisa terjadi dialami wanita mana pun, yang akan membuat wanita mengalami perubahan suasana hati, berjerawat, sakit kepala, sakit perut dan juga kram.

Perubahan hormonal dalam siklus menstruasi bertanggung jawab atas kondisi sakit perut bagian bawah. Oleh karena itu, perlu meningkatkan aktivitas fisik dan mengonsumsi suplemen vitamin untuk mengurangi gejala pramenstruasi.

Sekali itu sakit perut bagian bawah pada wanita juga bisa disebabkan oleh kehamilan ektopik, Kista ovarium, Fibroid rahim, Endometriosis dan Infeksi saluran kemih.