5 Jenis-Jenis Risiko yang Ditanggung Asuransi Umum

Asuransi merupakan sebuah program yang cukup diminati oleh semua orang saat ini. Program ini merupakan program yang memberikan sebuah jaminan untuk hidup. Ada banyak manfaat ketika mengikuti program tersebut. Selain itu ada juga berbagai macam variasi pilihan program yang dapat dipilih.

Di dalam istilah asuransi terdapat risiko asuransi. Risiko dan asuransi menjadi salah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu sama lain. Risiko dapat menghantui siapa saja mulai dari para pekerja kantor sampai dengan pengusaha.

Mengenal Risiko dan Asuransi

Pengertian secara umum mengenai risiko asuransi merupakan suatu keadaan yang tidak pasti atau yang tidak diinginkan yang terjadi dan bisa menimbulkan berbagai kerugian. Sementara itu manajemen risiko adalah suatu proses dalam pengelolaan risiko yang mana meliputi berbagai macam hal seperti identifikasi, evaluasi dan pengendalian resiko tersebut.

Sementara itu, asuransi sendiri merupakan sebuah sistem atau sebuah tindakan untuk perlindungan yang ada kaitanya dengan finansial atas berbagai macam kemungkinan yang terjadi secara tidak terduga. Ini bisa disebabkan oleh kerusakan hingga kematian. Perlindungan ini diwujudkan dalam bentuk ganti rugi yang tentunya atas persetujuan perusahaan asuransi dengan konsumen yang menggunakan produk asuransi.

Macam-Macam Risiko Asuransi

Setelah paham mengenai risiko asuransi selanjutnya Anda harus memahami mengenai jenis-jenis risiko asuransi. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:

  • Risiko Murni

Risiko asuransi murni adalah sebuah risiko yang pasti akan terjadi dan menimbulkan kerugian apabila hal terjadi. Risiko asuransi satu ini meliputi kebakaran, kerusakan, kebangkrutan dan sebagainya. Ini adalah risiko asuransi yang sering terjadi.

  • Risiko Spekulatif

Risiko mempunyai dua kemungkinan yang benar-benar akan terjadi dan berbanding terbalik dengan risiko murni. Misalnya saja itu ketika berinvestasi di saham bursa efek. Proses investasi ini bisa menimbulkan risiko yang sangat spekulatif yaitu kemungkinan untung secara finansial dan kerugian apabila tidak ahli dalam bidangnya atau salah mengambil keputusan.

  • Risiko Khusus

Risiko khusus asuransi ini disebabkan karena adanya dampak pengaruh dari lingkungan lokal baik secara kualitas maupun kuantitas. Contoh nyatanya adalah pengangguran atas orang pencuri. Mereka akan mempengaruhi hidup pada masing-masing individu.

  • Risiko Fundamental

Risiko fundamental merupakan sebuah risiko yang timbul dengan dampak yang sangat luas. Terdapat berbagai macam faktor tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya risiko ini misalnya saja kebijakan pemerintah, bencana alam dan lainnya.

  • Risiko Individu

Risiko asuransi individu adalah sebuah risiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa mempengaruhi kapasitas financial seseorang maupun harta kekayaan dan juga risiko tanggung jawab.

Risiko ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu personal, properti, liability. Ini kerap terjadi ketika ada pengaruh suatu hal dan kemungkinan berdampak pada financial seseorang. Soalnya saja kehilangan pekerjaan cacat fisik, meninggal dunia dan sebagainya.

  • Risiko Harta

Risiko harta merupakan sebuah risiko asuransi yang berkaitan dengan tanggung jawab yang harus diberikan kepada pihak lain. Risiko ini akan membuat Anda bisa menanggung kerugian orang lain karena ulah yang dilakukan sendiri. Misalnya saja kecelakaan atau menabrak seseorang.

Saat mengikuti program asuransi maka harus siap terima berbagi risiko yang sudah disebutkan di atas. Setiap orang yang mengikuti program asuransi ini tentu saja pasti akan mempunyai peluang untuk merasakannya.

Apabila Anda mengikuti program asuransi maka bergabung dengan Sickforprofit.com. Ini memberikan berbagai macam produk asuransi yang terbaik dan sangat profesional dalam penanganannya.