Intip Rahasia agar Percaya Diri Saat Presentasi dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu sedang mencari informasi tentang apa manfaat mahir berbahasa inggris? Dan disini kami akan menjelaskan tentang prestasi dalam bahasa inggris secara ringkas.

Pentingnya percaya diri saat presentasi

Melakukan presentasi atau dengan kata lain berbicara di hadapan banyak orang merupakan salah satu tantangan yang sangat berat memang, terlebih jika orang yang akan melakukan presentasi ini merupakan orang yang sebelumnya tidak pernah melakukan presentasi atau ceramah di hadapan orang banyak.

Perasaan seperti ini biasa dikenal dengan istilah sebagai perasaan grogi atau tegang. Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan dan dilatih agar perasaan grogi ini tidak berlangsung berkepanjangan adalah dengan menanmkan rasa percaya diri.

Lantas apa saja sih kiat – kiat yang harus kita lakukan agar ketika presentasi kita juga bisa percaya diri?

  1. Tidak salah memang suatu ucapan bahwa kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan maksimal sebelum sesuatu itu terjadi. Hal ini juga berlaku untuk presentasi, alangkah baiknya kita perlu melakukan persiapan dengan cara berlatih secara berulang – ulang. Pahami setiap detil kalimat yang akan kalian ucapkan ketika di hadapan orang nantinya. Jangan lupa untuk memperhatikan lafal atau intonasi pengucapan apakah sudah benar atau masih ada yang salah.

  2. Upaya lain yang dapat kita lakukan adalah dengan merekam presentasi kita ketika kita sedang latihan kemudian mendengarkan kembali rekaman suara atau video yang sudah dibuat. Hal ini dimaksudkan untuk mengecek kembali apakah ada kata yang salah atau kurang saat melakukukan presentasi. Jika kalian merekam dengan menggunakan video jangan lupa untuk memperhatikan gerak – gerik bahas tubuh atau tangan ketika melakukan presentasi, usahakan untuk jangan terlalu banyak bergerak namun jangan juga terlalu tegang sehingga menyebabkan penampilan kita tidak enak di lihat oleh orang banyak.

  3. Lakukan sesuatu yang dapat membuat rasa tegang kalian sedikit berkurang misal dengan mengibas – ngibaskan tangan atau kaki atau dengan cara mengatur nafas masuk dan keluar secara berulang – ulang hingga kalian merasa rasa gugup kalian sedikit berkurang.

Jago speaking solusi percaya diri saat presentasi

Speaking memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan presentasi. Oleh karena itu kita perlu mengasah kemampuan public speaking kita dengan baik yaitu dengan mengikuti program belajar public speaking di Jago Speaking dari kursus online JagoBahasa.

Jago Speaking merupakan program kelas Bahasa Inggris Online yang akan membantu kita untuk menguasai kemampuan speaking dengan lebih cepat dan tentunya dengan pelafalan yang tepat. Beberapa fasilitas yang ditawarkan dalam Jago Speaking diantaranya:

  1. Tutor yang berkualifikasi serta friendly dibutuhkan untuk mendukung kemampuan speaking menjadi lebih cepat dan tentunya terasa nyaman. hal tersebut tersedia di Jago Speaking sehingga memungkinkan para pesertanya akan merasa senang sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efektif.

  2. Jumlah siswa yang terdapat dalam satu kelas hanya berjumlah maksimal 12 orang saja. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien dan tentunya akan lebih efektif. Namun jika diantara kalian ada yang masih merasa kurang nyaman dengan jumlah teman dalam satu kelas kalian juga diberikan pilihan untuk memilih kelas privat yang hanya berisi satu orang saja.

  3. Menggunakan metode pembelajaran yang lebih banyak melakukan praktik ketimbang dengan teori. Metode seperti ini diyakini lebih efektif serta memiliki dampak yang sangat bagus yakni membuat seseorang menjadi lebih mudah dan cepat menguasai speaking lantaran sudah terbiasa melafalkannya.

Jadi sudah tidak perlu khawatir lagi jika kalian ingin mengasah kemampuan public speaking kalian yaa. Jago Speaking solusinya!