Ini Keunggulan Pohon Manggis Putih Untuk Dibudidayakan

Siapa tak tahu buah manggis? Dikenal sebagai ratu buah, manggis kerap menjadi favorit. Itulah kenapa tanaman ini banyak dibudidayakan. Namun pernahkah Anda dengar soal pohon manggis putih? Sekarang, jenis manggis ini juga semakin populer loh.

Kebanyakan manggis yang sering kita beli warnanya memang ungu. Tapi jangan salah. Buah manggis juga ada yang warnanya putih. Itulah yang dinamakan manggis putih. Di mana buahnya memiliki kulit berwarna dominan putih saat masih muda.

Dibanding dengan manggis biasa, jenis manggis ini dinilai lebih unggul. Terutama bila dibudidayakan karena harga buahnya yang lebih mahal. Selain itu, pohon manggis putih juga punya keunggulan lain. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki buah berukuran besar dan manis. Berat rata-ratanya adalah 2-2,5 ons untuk setiap buah. Dengan rasa yang lebih manis dan daging buah lebih renyah.

  • Tingkat produktivitas pohon jauh lebih tinggi. Dalam sekali panen, manggis putih bisa menghasilkan 50-60 kg buah. Dengan masa produksi hingga mencapai 25-30 tahun per pohon.

  • Buahnya unik dengan warna yang dominan putih ketika muda. Lalu berubah jadi merah keunguan menjelang matang, seperti manggis umumnya.

  • Nilai jual bibit manggis ini lumayan mahal sehingga cukup menguntungkan.

  • Pohon sudah bisa berbuah mulai dari usia 3-4 tahun.

  • Perawatan tanamannya sangat mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Pohonnya juga dapat tahan terhadap serangan OPT.

Itulah beberapa keunggulan pohon manggis putih untuk dibudidayakan. Bagaimana, menguntungkan bukan? Tertarik untuk mulai menanamnya?