Bikin Kangen, Ini Dia 5 Permainan Anak Jaman Dulu, Seru dan Cerdas Mencari Solusi

Permainan anak jaman dulu sering bikin kangen rindu. Berbagai jenis permainannya selalu menyenangkan dan membuat bahagia. Berbeda dengan jenis permainan kekinian, yang lebih ‘mengutamakan’ gadget dalam permainan yang mereka inginkan.

Agar anak tidak terlalu sibuk dengan perangkat canggih mereka, ada baiknya mengenalkan mainan bahuela yang seru. Permainan ini bukan hanya menimbulkan kreativitas, tapi membentuk karakter anak untuk berani mencari solusi ketika menemui banyak rintangan.

5 Permainan Anak Jaman Dulu, Aktif Bersosialisasi dan Cerdas Mencari Solusi

Perubahan jaman tetap tak mengikis kemungkinan rindu mainan kuno jaman dulu. Setiap permainan memiliki suatu pesan yang akan anak-anak sadari di kemudian hari. Hal ini akan membentuk karakter anak bertumbuh dengan sempurna, apa saja jenis permainannya?

  1. Petak Umpet

Kamu pasti familiar sekali dengan permainan yang satu ini, mainan seru yang dilakukan oleh beberapa orang. Terdapat penjaga yang hanya seorang dan yang lain siap-siap mencari persembunyian. Penjaga harus mencari anak lain yang bersembunyi sampai keemu.

Permainan ini menumbuhkan anak untuk mencari cara menemukan teman-temannya. Petak umpet mengajarkan anak berpikir cerdas mencari trik dan strategi cerdas untuk menemukan semua teman yang bersembunyi.

  1. Main Kelereng

Siapa tak kenal permainan seru ini? Dengan modal kelereng anak-anak akan bersemangat melakukan permainan yang butuh ketangkasan dalam menjentikkan jari.

Permainan membuat anak pandai membidik sebuah objek dengan tepat. Hal utama yang didapatkan dari permainan ini adalah mereka akan memiliki lebih banyak teman, pandai mencari solusi dan mudah dalam bersosialisasi.

  1. Lompat Tali

Permainan selanjutnya adalah lompat tali dengan dua orang yang memegang tali. Kemudian anak yang lain akan melompati tali tersebut dengan gerakan cepat supaya tali tidak mengenai kaki. Permainan dilakukan minimal 3 orang, jika lebih akan semakin semangat bermain.

Permainan tak ubahnya seperti olah raga, karena membuat fisik bergerak seirama ayunan tali. Hal ini tentu bagus untuk pembentukan otot dan permainan fisik memang bagus untuk tumbuh kembangnya.

  1. Bola bekel

Tak kalah serunya adalah mainan bola bekel. Permainan biasanya dilakukan anak perempuan dengan taktis untuk memainkan bola dan mengambil bekel. Main bola bekel akan membuat anak lebih fokus dalam segala hal.

Anak akan berlatih kesabaran level tinggi ketika temannya bermain tanpa ada  kesalahan. Dari sini anak mengamari, mencari solusi untuk meraih kemenangan dan mampu berinteraksi dengan baik.

  1. Layang-Layang

Siapa tak suka main layang-layang? Meskipun biasanya dilakukan anak laki-laki, layang-layang juga dimainkan anak perempuan. Berlari, mengatur strategi, mencari solusi agar layang-layang bisa terbang adalah sesuatu yang penuh petualangan.

Di sini anak diajak untuk berpikir cerdas dalam menentukan sebuah perjalanan layang-layang. Apakah ia mampu bertahan atau tak dapat menemukan solusi terbaik. Pada umumnya permainan dilakukan di lapangan dengan banyak anak sehinga melatih bersosialisasi juga.

Sarana Berkualitas Untuk Permainan Anak

Bikin kangen rindu mengenang permainan yang seru dan alami ini. Jika ingin keseruan lain bisa dengan mencari mainan keren di online shop. Sekarang ini telah banyak online shop yang jual playground anak.

Kamu tinggal memilih yang tepat dan cocok untuk anak-anak tapi jangan lupa untuk mengetahui kualitasnya. Dibutuhkan kualitas dan keamanan ekstra karena untuk anak-anak. Dengan memilih yang terbaik anak anak suka dan kebersamaan bersama keluarga makin meningkat.

Bermain dengan anak memang menyenangkan baik di rumah atau di luar rumah. Permainan anak jaman dulu salah satu cara cerdas agar anak aktif bersosialisasi dan mampu mencari solusi.