Pengertian Kitab sebagai Iman Kepada Allah swt

Setiap agama memiliki ajaran yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu menuntun umatnya menuju jalan yang lurus. Dan setiap agama mempuyai pedoman yaitu kitab. Di dalam islam, menyakini kitab allah merupakan bagian dari keimanan.

Percaya kitab allah berarti percaya, jika Rabb salah satu pemilik segala sesuatu dimuka bumi ini. Bahkan Dia merupakan pencipta, pengatur semua. Tidak ada yang dapat di sembah serta tidak ada yang dapat menyekutukanNya. Dan didalam kitab milik umat muslim memiliki banyak firman atau perintah supaya taat akan perintah allah serta petunjuk untuk menjalani kehidupan di alam semesta.

Pengertian kitab

Dalam menjalani kehidupan wajib memiliki pedoman supaya tidak salah jalan. Salah satunya memegang ajaran islam dengan petunjuk al quran. Di sana terdapat petunjuk dan firman allah, dengan tujuan benar dan jelas. Supaya manusia taat dan jauh kesesatan dunia dengan melakukan huru-hara.

Dilansir dari web Media islam, Kitab Allah yaitu, sebuah catatan atau firman allah yang diturunkan kepada nabi dan rasulNYA dalam bentuk suhuf dan mushaf. Dengan begitu umat islam menyakini kitab allah sebagaii bentuk iman. Apa itu suhuf, mushaf dan kitab?

Suhuf yaitu, sebuah penggalan kalimat dalam bentuk tulisan pada kertas. Mushaf yaitu, kumpulan lembaran-lembaran ayat. Kemudian dari lembaran-lembaran itu jadikan satu yaitu dibukukan menjadi kitab.

Sejarah kitab Al quran

Kitab suci al quran wajib di Imani oleh umat muslim. Sebelum adanya al quran terdapat kitab terdahulu yaitu Taurat, Zabur, Injil dan suhuf. Yang diturunkan kepada nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

Ayat al quran pertama kali Q.S Al-alaq ayat 1-5 memiliki perintah untuk membaca. Wahyu yang diturunkan oleh malaikat jibril saat Nabi Muhammad berkhalwat di Gua Hira. Dan peristiwa turunnya wahyu pertama di sebut Nusulul Quran tepat pada 17 Rhomadon.

Awal dari perstiwa tersebut al quran diturunkan secara berangsur-angsur. Dengan begitu nabi memerintahkan sahabatnya untuk menghafal dan menuliskannya. Setelah nabi wafat, pada zaman khulafur Rasyidin. Dari zaman abu bakar as-sidiq mengumpulkan mushaf al quran hingga zaman ustman bin affan telah distandarisasi. Kemudian kitab al-quran terjaga keasliannya.

Kitab-kitab sebelum Nabi Muhammad

Setelah mengerti pengertian kitab dan sepenggal sejarah al-quran. Tentu harus mengetahui kitab yang diturunkan selain kepada nabi Muhammad, antara lain :

  • Kitab Zabur

Kitab yang di turunkan kepada Nabi Daud AS untuk bani israil. Dengan Bahasa qibti, dan teradapat bacaan zikir, doa, nasihat dan hikmah.

  • Kitab Taurat

Kitab yng diturunkan oleh nabi Musa AS. Pada masa itu nabi menyampaikan ajaran taurat yan berisi hukum-hukum syariat islam dan system kekepercayaan. Kitab taurat menggunakan bahasa ibrani.

  • Kitab Injil

Kitab yang diwahyukan untuk nabi isa as diturunkan di kota yarussalem menggunakan Bahasa suryani.

Dalam injil mengajarakan perintah percaya adanya Tuhan yaitu Allah swt.dan menghapus hukum yang terdapat pada taurat.

  • Kitab Al-quran

Kitab terakhir yang diturunkan kepada nabi terkhir rasulluloh. Di dalamnya terdapat ajaran akidah, akhlaq, muammalah, hingga petunjuk untuk menjalani kehiupan. Dan menghapus beberapa ajaran pada kitab terahulu.

Kesimpulan

Pengertian Kitab merupakan sebuah kumpulan mushaf firman allah yan dibukukan dan terjaga keasliaannya hingga sekarang. Dan mempercayai kitab sebagai rukun iman bagi umat islam. Al quran merupakan kitab suci agama islam sejak dahulu hingga sekarang.