Museum Mini Sisa Hartaku Jogja: Sejarah, Lokasi, dan HTM

Pada tahun 2010  kawasan Jogjakarta dan sekitarnya terguncang oleh Musibah gunung merapi yang terjadi. Letusan cukup membuat prihatin berbagai pihak.

Untuk mengenang erupsi gunung merapi tahun 2010 ini, dibuat beberapa peringatan, salah satunya berupa museum. Salah satu yang cukup terkenal adalah museum Mini Sisa Hartaku.

Bukan karena kemewahan. Tapi karena makna dibaliknya yang menggugah hati. Museum Mini Sisa Hartaku bukan dibangun dengan konstruksi megah. Tapi dibuat dari sisa  sisa nyata efek letusan gunung merapi tahun 2010.

Nah berikut ini akan diulas sedikit mengenai museum mini Sisa Hartaku. Simak selengkapnya berikut ini tempat wisata yang masuk dalam paket wisata lava tour merapi.

Tentang Museum Mini Sisa Hartaku

Apakah kamu pernah dengar tempat wisata namanya Museum Mini Sisa Hartaku? mungkin sudah gak asing lagi ya.

Sejarah museum ini berlatar belakang peristiwa letusan erupsi gunung merapi 2010 di Jogjakarta silam.

Sebelum menjadi sebuah museum, tempat ini berupa bangunan rumah milik bapak Kimin.  Menarik bukan? kenapa bisa bekas rumah warga dijadikan museum ? Ini dia ulasannya.

Sejarah Museum Gunung Merapi

Seperti sudah sedikit dibahas di atas, sejarah museum gunung merapi ini dulunya adalah rumah warga namanya Kimin.

Setelah gunung merapi meletus pada 2010 usai. Putra dari pak Kimin punya inisiatif untuk kumpulkan semua barang barang yang tersisa akibat letusan merapi.

Setelah barang barang dirumah pak Kimin selesai dikumpulkan, lalu ditata rapi sampai akhirnya rumah itu dijadikan museum bernama Museum Sisa Hartaku.

Saat ini museum Sisa Hartaku berisi berbagai barang barang yang terdampak erupsi. Saat ke museum ini, anda akan melihat kerangka sapi.

Ada juga buku buku yang tersisa dari letusan gunung merapi. Serta foto foto tentang erupsi merapi, koleksi piring dan benda benda lainnya.

Lokasi dan Rute Museum Sisa Hartaku

Lokasi Museum Sisa Hartaku ada di Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman Jogja. Menuju ke museum ini, bisa naik mobil pribadi atau motor.

Untuk rute menuju museum juga aksesnya mudah. Kalau sudah sampai di Kopi Merapi, belok kanan. Lalu jalan terus 100 meter (masuk area stonehenge).

Selanjutnya melaju sedikit lagi, sekitar 50 meter lalu belok kiri menuju arah utara. Kemudian ikuti jalan tadi hingga sampai ke lokasi museum Sisa Hartaku.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket masuk museum Sisa Hartaku gratis. Cuma seikhlasnya mengisi kas bantu dalam pengelolaan museum. Selain itu, pengunjung membayar parkir. Rp.2000 rupiah/per motor. Sedangkan parkir per mobil biayanya Rp.5000.

Jam Operasional Museum Mini Sisa Hartaku

Buka setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore WIB.

Fasilitas Umum Yang Ada di Museum Mini Sisa Hartaku

  • Toilet
  • Tempat makan
  • Toko merchandise
  • Aneka spot selfie

Koleksi Museum Mini Sisa Hartaku

Museum  Sisa Hartaku merupakan saksi bisu letusan gunung merapi tahun 2010.  Di dalam museum ini ada barang barang yang terdampak erupsi merapi.

Barang barang ini tertata rapi layaknya dalam etalase museum museum umumnya. Ini daftar barang barang yang dimaksud :

  • Foto-foto
  • Mesin jahit
  • TV
  • Buku-buku
  • Peralatan rumah tangga
  • Kerangka binatang ternak
  • Kerangka kendaraan bermotor
  • Bangunan museum terdiri dari tiga ruangan ( ruang tamu, tiga kamar tidur, kamar mandi serta juga dapur).

Walaupun Museum Mini Sisa Hartaku mungkin tak semegah museum pada umumnya. Tapi mengunjungi tempat ini ada kesan tersendiri. Pengunjung dapat merasakan bagaimana saat terjadinya erupsi walaupun cuma melihat dari sisa sisa benda terdampak letusan.

 

Categories: