Deretan Mitos Gunung Kelud yang Menyimpan Banyak Misteri

Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi di provinsi jawa timur. Meskipun keberadaannya berada pada perbatasan antara kediri, blitar serta malang yang konon masih menyimpan beberapa mitos gunung kelud yang masih dipercaya warga sampai saat ini.

Mitos Gunung Kelud yang Dipercayai Oleh Warga

Walaupun gunung kelud memang  gunung berapi yang ditakuti oleh warga karena letusannya yang luar biasa, namun masih banyak sekali pengunjung yang datang ke gunung kelud untuk menikmati panorama yang indah.

Dampak dari letusan ini mulai memunculkan mitos yang tersebar di berbagai kalangan masyarakat sekitar. Berikut merupakan mitos gunung kelud yang dapat kamu ketahui.

  1. Kemarahan Mahesasura Saat Kelud Meletus

Gunung kelud memang melekat dengan mitos dewi kili suci dan mahesasura. Pada saat gunung kelud meletus, berarti mahesasura si manusia berkepala kerbau sedang marah dan mengejar putri impiannya yang bernama dewi kili suci.

Kili suci bersedia menerima lamaran itu asalkan mahesasura mampu membuatkan sumur raksasa diatas gunung kelud.

  1. Mitos Wage Hari Keramat Gunung Kelud

Mitos gunung kelud yang kedua yaitu, wage yang termasuk salah satu pasaran di hari jawa dijadikan hari keramat. Sebab pada hari yang bertepatan dengan wage, gunung kelud selalu erupsi.

  1. Mitos Gunung Kelud Kuburan Keris Empu Gandring

Gunung kelud dipercayai menjadi tempat untuk menghanguskan aura jahat dari keris empu gandring agar tidak membuat marabahaya di muka bumi.

Terlepas benar atau salahnya legenda diatas, masyarakat kediri dari dulu sampai sekarang masih tetap mempercayai adanya mitos gunung kelud.