Cara Membuat Kopi Menggunakan Mesin Pembuat Kopi Otomatis

Kopi merupakan minuman dari biji kopi yang diseduh setelah melalui berbagai proses. Kopi banyak diminati karena rasanya yang menyegarkan sehingga mampu membuat penikmatnya lebih bersemangat dan tidak mengantuk. Untuk membuat kopi, dibutuhkan berbagai jenis bahan dan alat, salah satunya adalah mesin pembuat kopi otomatis atau coffee maker.

Mengenal Mesin Kopi Otomatis

Mesin kopi otomatis atau coffee maker adalah mesin yang memiliki fungsi untuk mengolah, membuat, serta menggiling biji kopi menjadi minuman kopi yang biasa kita jumpai. Mesin ini memiliki berbagai jenis yang dapat digunakan sesuai kebutuhan masing-masing, misalnya untuk pemakaian pribadi atau mesin kopi rumahan, hingga mesin kopi untuk bisnis.

Cara Membuat Kopi dengan Mesin Kopi

  1. Cuci dan Keringkan Mesin

Pertama, yang harus dilakukan untuk membuat kopi dengan mesin kopi otomatis adalah mencuci mesin terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena adanya debu yang tidak tampak atau kotoran di dalam mesin kopi atau coffee maker akan mempengaruhi cita rasa dari kopi yang akan dihasilkan.

Karena hal inilah, pastikan untuk mencuci terlebih dahulu komponen-komponen yang ada di mesin kopi otomatis, seperti wadah air, alat penyaring, hingga alat pembuat busa susu. Setelah mesin kopi telah dicuci hingga bersih, pastikan juga untuk mengeringkan mesin secara menyeluruh sebelum dipakai.

  1. Tuangkan Bubuk Kopi ke Penyaring

Langkah selanjutnya untuk membuat kopi dengan coffee maker adalah tuangkan bubuk kopi ke alat penyaring yang telah tersedia di mesin pembuat kopi otomatis. Alat penyaring kopi ini biasanya disebut juga dengan portafilter. Tuangkan bubuk kopi secukupnya atau sesuai kebutuhan ke portafilter.

Contoh takaran bubuk kopi misalnya untuk espresso adalah 1 sendok takar kopi dengan 60 ml air. Jika ingin membuat kopi dengan kepekatan yang lebih ringan, gunakan 1 sendok takar kopi bubuk dengan air sebanyak 120 ml. Setelah bubuk kopi dituangkan ke alat penyaring atau portafilter, ratakan bubuk kopi dengan menggoyangkan portafilter secara horizontal.

  1. Padatkan Bubuk Kopi

Setelah bubuk kopi dituangkan serta diratakan di alat penyaring kopi atau portafilter, padatkan bubuk kopi dengan menggunakan coffee tamper. Coffee tamper merupakan alat yang berguna untuk menekan serta memadatkan bubuk kopi yang sebelumnya telah dituang di portafilter

  1. Pasang Portafilter

Selanjutnya, jika bubuk kopi telah dipadatkan menggunakan coffee tamper, saatnya memasangkan portafilter atau alat penyaring kopi ke mesin kopi otomatis. Jangan lupa untuk memastikan bahwa pemasangan alat penyaring telah benar, pas, serta kencan, agar air mengalir dengan lancar.

  1. Tuangkan Air ke Wadah

Langkah berikutnya adalah tuangkan air ke wadah. Setiap mesin kopi otomatis atau coffee maker biasanya dilengkapi dengan wadah yang berguna untuk meletakkan air untuk membuat kopi. Wadah ini biasanya memiliki penanda ukuran air sehingga memudahkan takaran air. Pastikan untuk memasukkan air sesuai takaran agar kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang pas.

  1. Nyalakan Mesin

Selanjutnya, nyalakan mesin kopi otomatis sesuai dengan instruksi yang ada di mesin kopi. Hal ini disebabkan setiap merek mesin kopi biasanya memiliki instruksi masing-masing. Jika mesin sudah menyala dan bekerja, tunggu air mengalir keluar dari portafilter ke gelas yang telah disiapkan. Tekan tombol pause atau stop saat gelas terisi penuh. Kopi siap disajikan.

Itulah langkah-langkah membuat kopi menggunakan jual mesin pembuat kopi otomatis atau yang juga dikenal dengan sebutan coffee maker. Mesin ini banyak digunakan terutama bagi pemilik usaha minuman kopi yang saat ini memiliki banyak peminat. Meski begitu, mesin ini juga dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau rumahan.