Ketahui 2 Manfaat Buah Sawo Muda Bagi Kesehatan

Sawo bukanlah buah asing di Indonesia. Buah berdaging berwarna coklat ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Sawo tidak hanya manis, tetapi juga memiliki efek positif pada kesehatan fisik Anda. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan yang ada pada sawo. Berikut manfaat buah sawo muda untuk kesehatan tubuh manusia

Manfaat Konsumsi Buah Sawo

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah Sawo mengandung serat dan tanin yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi India, serat makanan sawo dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan. gangguan saluran cerna seperti sembelit, diare, wasir atau ambeien.

Serat makanan dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker usus besar. Selain itu, buah sawo, kulit batang, batang dan daunnya juga memiliki khasiat sebagai anti diare. Kandungan senyawa tanin yang terkandung di dalamnya dapat membunuh berbagai bakteri. Ada juga spesies bakteri seperti Shigella, Salmonella, E. coli.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat saw muda selanjutnya yaitu kandungan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambahkan banyak kalori ke tubuh. Namun, berhati-hatilah untuk tidak makan buah ini secara berlebihan. Perlu diingat bahwa buah ini tinggi kalori dan fruktosa. Jika Anda makan terlalu banyak buah ini justru gula darah akan sebenarnya bisa melonjak.

Buah ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, namun Anda harus berhati-hati saat memilih memakan buah yang satu ini. Pastikan buah yang Anda coba makan benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Hal ini dikarenakan buah sawo yang masih mentah memiliki rasa yang pahit dan tekstur yang keras sehingga kurang enak dikonsumsi