Jarang Diketahui! Ini Dia Sejumlah Manfaat Biji Rambutan

Buah rambutan umumnya hanya dikonsumsi bagian dagingnya. Biji buah tropis ini hanya dianggap sebagai limbah karena belum banyak yang tahu manfaatnya. Ternyata manfaat biji rambutan sangatlah beragam untuk kehidupan. Apa sajakah? Ini ulasan lengkapnya.

Berbagai Macam Manfaat dari Biji Rambutan

Biji rambutan memiliki permukaan kasar berserat. Sedangkan jika dibelah berwarna putih kehijauan dengan sedikit rasa pahit. Walaupun dianggap tak layak konsumsi, ternyata manfaatnya sangat tak terduga seperti berikut.

  • Makanan sehat untuk penderita diabetes karena kaya serat, lemak murni, hingga stearic acid

  • Flavonoid bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

  • Membantu mengatasi sariawan karena kaya vitamin C

  • Cocok untuk memperlancar pencernaan dan membantu membuang gas berlebih di perut

  • Vitamin C di biji rambutan bermanfaat membantu mencerahkan kulit

Contoh Makanan dari Biji Rambutan

Memiliki manfaat yang beragam, tentu muncul pertanyaan bagaimana mengolah biji rambutan? Ternyata ada beberapa jenis makanan yang memiliki bahan dasar dari biji rambutan seperti contoh berikut.

  1. Biji Rambutan Goreng

Biji rambutan bisa digoreng layaknya kacang bawang. Cara mengolahnya cukup mudah. Biji rambutan dan dibelah kulitnya dan direbus. Kemudian bumbui dengan bawang putih, gula, garam, dan penyedap. Goreng biji rambutan hingga golden brown.

  1. Peyek Biji Rambutan

Peyek biji rambutan sebenarnya seperti peyek kacang pada umumnya. Buat adonan tepung seperti halnya membuat peyek. Setelah itu, ganti kacang tanah dengan biji rambutan yang telah dibersihkan. Goreng peyek hingga matang dan crispy.

Nah itu dia beberapa ulasan tentang manfaat biji rambutan yang ternyata tak terduga. Siapa sangka yang dikenal sebagai limbah, ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat.