Pengertian dan Fungsi Manasik Haji

 

Manasik haji adalah simulasi atau demonstrasi pelaksanaan haji sesuai dengan rukunnya sebelum berangkat haji. Dalam ibadah haji, calon jemaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunnah, serta hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan haji.

Selain itu, calon jemaah juga akan belajar bagaimana mengamalkan tawaf, sa'i, wukuf, melempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat serupa dengan kondisi di tanah suci.

Jadi nantinya setelah kamu mengetahui cara daftar haji, dan melakukan pendataran haji, dan saat akan berangkat ke tanah suci kami akan melakukan manasik haji terlebih dahulu.

Fungsi Manasik Haji

Manasik haji juga diperlukan agar dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi calon jemaah, karena setelah menunaikan ibadah haji, calon jemaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji nanti. Para calon jemaah juga belajar tentang budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

Ada beberapa pedoman umum umroh dan haji  yang harus diketahui jamaah ketika di Madinah dan Mekkah ingin menunaikan ibadah haji atau umrah. Hal-hal yang tidak boleh kita terapkan di negara kita, hal yang sebaiknya dilakukan di Tanah Suci, seperti menjaga kesopanan terhadap orang lain yang datang dari berbagai negara juga perlu dipahami.  Hal ini harus kita lakukan agar ibadah kita lancar dan khusyuk.

Itulah sedikit informasi tentang manasik Haji. Setelah memahami manasik haji, berikut ini tambahan informasi seputar haji yang bisa dijadikan referensi calon jamaah haji.

Sekikas tentang Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi bagi seorang muslim yang secara ekonomi, mental dan fisik mampu. Secara lughawi, haji berarti kesengajaan atau pergi dan berziarah.

Menurut etimologi bahasa Arab, kata haji memiliki arti qashd, yaitu tujuan, niat, dan kesengajaan. Menurut istilah syara', haji adalah pergi ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan ibadah-ibadah tertentu.

Yang dimaksud dengan tempat-tempat tertentu dalam pengertian di atas, selain Ka'bah dan Mas'a (tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amalan ibadah tertentu yaitu tawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melempar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lain.

Kegiatan Haji

Literatur Fiqh menjelaskan cara melakukan ibadah haji  dan mematuhinya untuk memenuhi semua kewajiban haji dengan sempurna. Dalam melaksanakan ibadah haji, peziarah tidak hanya mengikuti tata cara Nabi Muhammad, tetapi juga memperingati peristiwa yang berkaitan dengan Ibrahim. Berikut kegiatan yang dilakukan selama berhaji.

ihram

Ketika peziarah mencapai niat di jantung Miqat (batas tertentu tempat atau waktu haji bermaksud untuk melakukan haji), untuk memasuki keadaan suci - yang dikenal sebagai Ihram - yang hanya memakai dua potong kain putih tanpa jahitan untuk laki-laki , dengan satu kain menutupi pinggang sampai di bawah lutut dan kain lain dikenakan di bahu kiri diikat di sisi kanan.

Kemudian mengenakan pakaian biasa bagi wanita dengan memenuhi syarat pakaian muslimah Islam dengan tangan dan wajah tidak tertutup. Wajib mengambil wudhu; merencanakan keinginan (niyah) untuk menunaikan haji dan menjauhi hal-hal yang dilarang seperti memotong kuku, mencukur bagian tubuh, melakukan hubungan seksual; menggunakan wewangian, merusak tanaman, membunuh hewan, menutupi kepala (untuk pria) atau wajah dan telapak tangan (untuk wanita), melakukan pernikahan; atau mengangkat senjata. Ihram berarti bahwa setiap umat, baik miskin maupun kaya, sama di hadapan Allah: tidak ada perbedaan antara keduanya.

Tawaf dan Sa'i

Ritual Tawaf termasuk berjalan tujuh kali berlawanan arah jarum jam di sekitar Ka'bah. Saat tiba di Masjidil Haram, jemaah melakukan tawaf kedatangan yang juga merupakan bagian dari umrah atau sebagai tawaf selamat datang. Selama tawaf, peziarah juga memasuki Hateem, sebuah area di sisi utara Ka'bah dalam perjalanan mereka. Setiap putaran dimulai dengan mencium atau menyentuh Hajar Aswad (Hajar Aswad).

Jika cium hajar Aswad tidak memungkinkan karena padatnya jamaah, mereka cukup menyelaraskan diri dengan arah Hajar Aswad.  Jamaah haji pria  melakukan tiga putaran pertama dengan cepat dan diikuti oleh empat putaran lainnya dengan kecepatan lebih lambat.

Melengkapi ibadah tawaf adalah shalat dua rakaat di belakang Tempat Ibrahim (Maqam Ibrahim), sebuah monumen di dekat Ka'bah di dalam masjid. Namun, karena padatnya jemaah haji saat musim haji, mereka bisa dengan mudah salat di mana saja di masjid. Usai salat, jemaah juga meminum air dari sumur Zamzam yang tersedia di kran masjid.

Meskipun secara tradisional tawaf dilakukan di lantai dasar, saat ini tawaf juga dapat dilakukan di lantai satu dan atap masjid untuk menghindari kepadatan.

Tawaf diikuti dengan sa'i, berjalan atau berlari tujuh kali antara bukit Shofa dan Marwah, yang terletak di dekat Ka'bah.

Dulu tempat ini di tempat terbuka, sekarang tempat ini tertutup dan masuk ke area Masjidil Haram, dan bisa bersentuhan langsung dengan terowongan. Peziarah diharuskan berjalan di antara dua bukit ini, sampai dua pilar hijau menandai bagian kecil sebagai tanda kapan mereka harus berlari. Jalur ini kini memiliki "jalur ekspres" untuk penyandang disabilitas atau lanjut usia. Setelah sa'i, jamaah laki-laki mencukur rambut kepala dan para wanita memotong sebagian rambut, ini juga merupakan pelengkap dari ibadah umrah.