Botok Tempe Kuliner Khas Mojokerto dengan Cita Rasa Unik

Botok adalah jenis makanan yang masih bisa dimasukkan ke dalam kategori pepes. Makanan ini menggunakan tempe sebagai bahan utama dan dipadukan dengan amps kelapa yang dimasukkan ke dalam makanan ini untuk menghasilkan efek gurih. Makanan ini sering dibuat dengan paduan ikan teri dan cabe rawit untuk memberikan efek pedas dan menambah rasa dari botok itu sendiri. Botok bukanlah makanan khusus yang hanya ditemukan di Mojokerto tapi botok tempe merupakan bentuk makanan yang dimodifikasi yang umum ditemukan di Mojokerto.

 

Makanan ini memiliki penyajian yang sama seperti pepes. Cocok digunakan untuk menjadi lauk utama tau tambahan untuk makanan lain. Botok akan berada di dalam bungkusan daun kelapa. Makanan ini memiliki dominasi rasa yang bervariasi sesuai dengan apa yang ditambahkan ke dalam botok. Makanan yang sering ditemukan di Mojokerto adalah Botok dengan bumbu pedas yang berisi tempe dengan kelapa saja.

 

Beberapa warung di Mojokerto memiliki spesialisasi botok dimana makanan ini akan dipadukan dengan berbagai macam bahan tambahan sehingga rasa dari botok juga memiliki berbagai macam perbedaan satu sama lain. Botok cocok untuk dijadikan makanan pagi atau siang dan bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh walaupun daya tahan dari makanan ini tidak akan lebih dari dua hari dan bisa lebih cepat rusak di daerah panas.