Ayo Mengenal Lebih Dekat Kesenian Jawa Timur!

Berbicara mengenai kesenian sepertinya tidak akan ada habisnya karena sangat luas dan beragam. Terutama di negara Kita, Indonesia, kesenian dan kebudayaan sangat kaya dan banyak bentuknya. Bahkan bisa dikatakan setiap darah memiliki keunikan kesenian dan kebudayaan masing-masing.

Kesenian Jawa Timur yang Perlu Diketahui

Tentang kesenian, mari Kita bahas lebih mengerucut ke kesenian Jawa Timur. Di Jawa Timur ada banyak sekali jenis kesenian yang perlu Anda ketahui, antara lain.

  1. Seni Tarian Khas Jawa Timur

Kesenian pertama khas Jawa Timur yaitu kesenian tari tradisional. Gaya dan gerakan tarian di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki keunikan dan ciri kas masing-masing. Secara umum gerakan tari tradisional di Jawa Timur dibedakan menjadi tari gaya Jawa Tengahan, gaya Jawa Timuran, gaya Osing dan gaya Madura.

Jenis-jenis tarian tradisional juga memiliki nama-nama unik dan khas. Berikut beberapa nama tarian yang ada di Jawa Timur

  • Tari Remo dari Jombang, biasanya untuk acara penyambutan tamu penting

  • Tari Seblang dari Banyuwangi, tujuannya untuk bersih desa dan tolak bala

  • Tari Barongan dari Ponorogo yang dibawakan di Malaysia saat merantau

  • Tari Pecut dari Madura, biasanya dibawakan saat pembukaan acara karapan sapi

  • Tari Gandrung dari Banyuwangi, sebagai tanda syukur setelah musim panen

  • Tari Jaran Kepang atau Jathilan dari Ponorogo, satu rangkaian reog Ponorogo

  • Tari Jejer dari Banyuwangi, masih satu rangkaian dengan tari gandrung

 

  1. Seni Drama Tradisional Jawa Timur

Di Jawa Timur juga banyak warisan budaya dan seni drama yang dibawakan dengan bercerita atau berakting menggunakan berbagai media. Berikut ini beberapa jenis seni drama warisan budaya Jawa Timur.

Ludruk

Nah, kesenian ludruk ini merupakan salah satu yang cukup terkenal di Jawa Timur dan banyak disukai karena bertema humor. Seni drama ludruk biasanya diawali dengan tari remo sebagai pembuka yang dibawakan oleh seorang laki-laki yang berperan sebagai wanita. Selanjutnya para pemain drama akan adu pantun atau sindiran kocak dan cerita atau kisah-kisah tertentu.

Reog Ponorogo

Kalau reog Ponorogo sepertinya sudah sangat terkenal dan banyak yang tahu ya. Reog adalah topeng besar dan lebar berkepala singa terbuat dari anyaman dan bulu merak. Topeng ini dimainkan oleh seorang pria yang melakukan pertunjukkan dan aksi-aksi ekstrem. Seni pertunjukan yang satu ini bertema mistik namun masih menghibur masyarakat. Biasanya juga ada tarian dan peran topeng lainnya.

Wayang

Wayang merupakan drama atau teater yang dimainkan seperti boneka namun terbuat dari anyaman dan bambu yang dibentuk menyerupai karakter tertentu. Wayang itu sendiri ada banyak jenisnya seperti wayang wong, wayang kulit dan lain-lain. Biasanya alur ceritanya dari kisah-kisah zaman terdahulu. Jika wayang kulit menggunakan boneka wayang, maka wayang wong pemainnya orang asli.

Topeng Dalang

Jenis seni pertunjukan topeng dalang hampir sama dengan wayang, dimainkan oleh seorang dalang dan diiringi alunan musik gamelan. Namun biasanya pertunjukan ini juga dibarengi dengan tarian. Umumnya, seni topeng dalang akan menceritakan tentang kisah Ramayana dan Mahabarata.

Janger Banyuwangen

Sesuai namanya, pertunjukan yang satu ini berasal dari Banyuwangi. Seni drama janger Banyuwangen merupakan perpaduan antara seni tari arja dengan drama kisah andhe-andhe lumut. Ada juga yang menampilkan kisah dhamarwulan daan jinggoan yang merupakan kisah dari cerita rakyat Banyuwangi.

Karapan Sapi

Nah, untuk seni drama atau pertunjukan yang satu ini merupakan khas Madura. Karapan sapi adalah sejenis lomba balapan sapi yang umumnya dilakukan di sawah atau lahan luas. Dibutuhkan satu sapi dan satu penunggang kuda untuk bisa mengikuti acara ini. Makna dari karapan sapi adalah semangat membara untuk bekerja dan menggarap sawah bagi para petani di desa.

  1. Seni Kerajinan Tangan Jawa Timur

Selanjutnya ada seni kerajinan yang merupakan produksi dari beberapa daerah di Jawa Timur. Ada banyak sekali jenis seni kerajinan yang diproduksi dan berbeda-beda di setiap daerah. Berikut ini ciri khas seni kerajinan di setiap daerah di Jawa Timur berdasarkan jenis bahan yang digunakan.

  • Kerajinan dari Bahan Kayu

Kalau kerajinan dari bahan kayu sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak daerah Jawa Timur yang menghasilkan produk kayu berkualitas. Daerah penghasil kerajinan kayu yaitu Surabaya, Madura, Malang, Blitar, Tuban, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Kediri, Trenggalek, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

  • Kerajinan dari Bahan Bambu

Tak hanya kayu, bambu juga bisa menghasilkan berbagai kerajinan estetik dan fungsional. Daerah penghasil kerajinan bambu yaitu di Lamongan, Magetan, Tuban, Ponorogo, Mojokerto, Ngawi, Kediri, Blitar, Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

  • Kerajinan Anyaman Tikar

Di Jawa Timur Anda dapat menemukan anyaman tikar di daerah Lamongan, Ngawi, Bawean, Madiun, Madura dan Jember. Produk-produk kerajinan anyaman tikar selain memiliki nilai fungsi juga banyak digunakan sebagai hiasan.

  • Kerajinan Batu Akik (Onyx)

Ada juga kerajinan batu akik yang sebelumnya sempat viral hingga bernilai sangat mahal. Kerajinan ini banyak ditemui di daerah Tulungagung, Nganjuk, Malang, Trengalek dan Bojonegoro.

  • Kerajinan Batik

Untuk kerajinan batik umumnya memang banyak ditemui atau lebih populer sebagai kerajinan khas Jawa Tengah. Namun di Jawa Timur juga menghasilkan kerajinan batik yang tak kalah bagus. Daerah penghasil batik Jawa Timur yaitu Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Madura, Mojokerto, Gresik, Ngawi, Lumajang dan Tuban.

  • Kerajinan Tenun

Selain batik, di Jawa Timur juga ada beberapa daerah penghasil tenun. Daerahnya meliputi Sidoarjo, Lamongan, Kediri, Gresik, Pasuruan, Tuban, Probolinggo dan Mojokerto. Kain tenun sangat cantik dan khas, harga jualnya cukup tinggi dan bisa digunakan sebagai hiasan atau bahan pembuatan produk fashion.

  • Kerajinan dari Bahan Kulit

Di Jawa Timur juga ada kerajinan dari bahan kulit yang sangat khas dan menciptakan produk-produk berkualitas. Produk tersebut meliputi tas kulit, sepatu, sandal, jaket, dompet, ikat pinggang, bedug, kendang dan lain-lain. Daerah penghasil produk kulit yaitu Surabaya, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Blitar dan Jombang.

  • Kerajinan dari Bahan Tembaga

Selanjutnya kerajinan dari bahan tembaga yang banyak ditemui di Situbondo, Bondowoso, Tulungagung, Pasuruan, Jombang, Mojokerto, Malang, Magetan, Surabaya dan Probolinggo. Produk yang dihasilkan antara lain furnitur, alat makan, alat masak, jam atau arloji dan lain sebagainya.

  1. Seni Tembang Khas Jawa Timur

Kesenian Jawa Timur juga lekat dengan seni tembang macapat yang merupakan warisan wali songo. Tembang ini merupakan sebuah lirik dengan alunan lagu yang berisi tentang pesan-pesan kehidupan. Pada masa itu tembang macapat digunakan sebagai media penyebaran agama islam untuk memperkenalkan nilai-nilai kehidupan islam. Namun sayangnya saat ini sudah jarang yang melakukannya.

Selain itu ada tembang gedhe dan tembang tengahan dengan ciri khas masing-masing seperti cerita atau pesan yang terkandung di dalamnya.

Sebagai anak bangsa, sudah sepatutnya Kita semua ikut melestarikan kesenian dan kebudayaan khas daerah masing-masing. Selain itu perlu juga menambah wawasan tentang seni dan budaya di seluruh Indonesia.