Yuk Simak 4 Tips Mendesain Kamar Mandi Minimalis yang Menawan

Desain minimalis merupakan gaya desain yang digemari oleh banyak individu karena konsepnya terlihat sangat sederhana namun tetap estetik. Sebagian besar ruangan di dalam rumah anda akan terlihat sangat menarik dengan konsep yang satu ini, termasuk kamar mandi. Maka dari itu, berikut beberapa tips mendesain kamar mandi minimalis yang dapat anda tiru.

Tips Saat Menggunakan Konsep Minimalis di Kamar Mandi Anda

  1. Buat Sketsa Rencana

Rencana dalam bentuk gambar sangat penting dalam pembangunan. Meskipun kamar mandi anda termasuk area yang kecil, anda akan tetap dapat membuatnya menjadi ruangan yang nyaman. Hal tersebut karena kamar mandi dapat terlihat lebih lapang dengan perencanaan dan penataan fasilitas serta dekorasi yang tepat.

  1. Tetapkan Model Kamar Kecil yang Sesuai dengan Preferensi Anda

Setelah selesai merencanakan tata letak ruang mandi, maka tips selanjutnya untuk anda adalah untuk memilih model ruang yang memenuhi kebutuhan dan mencerminkan kepribadian anda. Jika anda menginginkan konsep minimalis klasik, pilihlah fasilitas kamar mandi, seperti wastafel dan bathtub, yang memiliki aksen dekoratif pada desainnya.

Di sisi lain, jika anda menginginkan ruang anda bergaya minimalis tetapi tetap memiliki kesan mewah dan elegan, maka memilih fasilitas yang desainnya tidak berlebihan. Fasilitas kamar kecil bergaya minimalis biasanya lebih menonjolkan bentuknya yang indah sehingga juga dapat berfungsi sebagai hiasan.

  1. Buat Ruang Penyimpanan

Agar kesan minimalisnya terlihat lebih kental, sebaiknya buatlah ruang penyimpanan yang tidak terlihat. Sebagai contoh, anda dapat meletakkan laci di bawah kabinet tempat produk perawatan diri, wastafel, atau kabinet gantung. Ruang penyimpanan tambahan tersebut dapat menjadi tempat untuk menyimpan perlengkapan mandi lainnya.

Walaupun anda memiliki banyak ruang penyimpan, usahakan untuk tidak menyimpan berbagai macam benda tidak penting didalamnya. Dengan kata lain, sebaiknya anda menyingkirkan semua barang yang tidak begitu diperlukan. Hal tersebut perlu untuk dilakukan agar kamar mandi anda terlihat lapang dan tidak terlihat penuh.

  1. Perhatikan Desain Interior Ruangan

Anda tidak dapat sembarangan memilih warna cat dinding saat membangun di area yang kecil. Sangat dianjurkan untuk memilih warna terang untuk area yang sempit untuk memberi kesan luas. Beberapa rekomendasi warna yang dapat anda pilih adalah variasi warna pastel, beige, putih, krem, atau abu abu.

Tidak hanya warna cat, keramik jug merupakan desain interior yang harus diperhatikan. Perlu anda ketahui bahwa salah satu jenis keramik yang populer untuk kamar mandi adalah ubin porselen karena mudah dibersihkan. Ubin jenis ini memiliki motif yang unik, seperti kayu dan batu sehingga juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Selain porselen, batu alam juga pilihan yang tepat karena sifatnya yang tahan lama dan akan membuat ruangan anda terlihat stylish. Jika ingin keramik yang lebih berwarna, anda dapat memilih keramik berpola (pattern). Sebagai contoh, ubin berpola hexagonal dengan dominasi warna hitam dengan selingan kuning, putih, dan abu abu.

Sebaiknya untuk tidak menggunakan ubin keramik yang sama pada bagian dinding dan lantai pada kamar mandi minimalis. Hal tersebut dikarenakan ubin untuk dinding biasanya memiliki tekstur yang halus, sehingga jenis ubin tersebut tidak cocok untuk digunakan di lantai karena dapat membuat seseorang terpeleset.

Konsep minimalis sangat diminati untuk mengubah ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih luas dan lapang. Salah satu tips agar konsep minimalis anda berhasil adalah dengan memperhatikan desain interior ruangan. Anda dapat mengunjungi situs Rumarumi.com untuk mendapatkan inspirasi yang lebih beragam.