Jual Tumpeng Terdekat di Bekasi

Membeli tumpeng yang sudah jadi merupakan pilihan tepat saat ini. Tumpeng merupakan makanan khas Jawa yang proses pembuatannya cukup rumit. Membutuhkan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi untuk bisa menyajikan menu tumpeng. Menyajikan hidangan tumpeng tidak sembarangan karena hidangan ini memiliki makna tersendiri.

Mengenal Makanan Tumpeng

Perlu anda ketahui makanan tumpeng ini sering dihadirkan sebagai hidangan utama di sebuah acara. Beberapa acara yang bisa menyajikan menu makanan ini adalah acara ulang tahun, acara kemerdekaan, acara lamaran dan berbagai acara syukuran lainnya. Tumpeng menjadi menu utama dalam acara yang mampu menarik perhatian para tamu undangan.

Tumpeng adalah makanan berbentuk kerucut. Apapun bahan makanan yang dijadikan tumpeng pasti akan disajikan dalam bentuk kerucut. Bentuk kerucut ini memiliki makna tanda bersyukur. Bentuknya yang menjulang tinggi menandakan hubungan antara Tuhan dengan umat manusia. Makna inilah yang membuat hidangan tumpeng bisa menjadi menu utama.

Salah satu kegiatan paling unik saat ada tumpeng adalah pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng menjadi acara yang paling ditunggu – tunggu. Potongan pertama tumpeng tersebut biasanya diberikan kepada orang yang paling berpengaruh di dalam acara. Potongan pertama biasanya diambil dibagian paling atas tumpeng. Tergantung jenis tumpeng yang disajikan di acara tersebut.

Makanan tumpeng terkenal sederhana namun bermakna. Makanan adat Jawa ini masih dilestarikan hingga saat ini. Bahkan tumpeng termasuk makanan yang bisa dikreasikan. Ada banyak tumpeng modern yang dijual dengan harga beragam. Memilih membeli tumpeng saat ini adalah ide yang bagus mengingat membuat tumpeng yang enak dan menarik tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika membuat tumpeng. Kini melalui rumah tumpeng Jakarta anda bisa menemukan beragam menu tumpeng dengan harga terjangkau.

Tips Membuat Nasi Tumpeng

Mungkin saat ini membeli tumpeng menjadi solusi terbaik untuk menghemat waktu dan tenaga, namun jika anda memiliki banyak waktu luang, anda bisa membuat tumpeng sendiri. Perlu anda pahami bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat tumpeng. Nasi tumpeng menjadi menu makanan yang paling sering dibuat. Tentunya anda sudah tahu bahwa yang bisa dibuat tumpeng tidak hanya nasi namun ada berbagai menu makanan lain yang bisa disulap menjadi tumpeng.

Selain nasi tumpeng, anda bisa membuat tumpeng dari berbagai bahan makanan lain seperti sate, jajan pasar, sayuran dan lainnya. Tumpeng yang dibuat biasanya disesuaikan dengan acara yang akan diselenggarakan. Nasi tumpeng adalah menu yang paling sering disajikan di acara – acara syukuran. Pembuatan nasi tumpeng cukup mudah dengan memperhatikan tips berikut ini.

Membuat nasi tumpeng anda membutuhkan beras yang tidak sembarangan. Pembuatan nasi tumpeng disarankan menggunakan beras pulen. Karena nasi akan dimasukan ke dalam cetakan maka penggunaan beras pulen ini sangat penting. Beras pulen akan memudahkan nasi dibentuk kerucut. Selain itu penggunaan beras pulen mampu membuat tumpeng lebih kokoh. Perhatikan durasi waktu memasak agar nasi yang dihasilkan lebih baik.

Selain pemilihan beras yang pulen, memasak tumpeng harus menggunakan santan asli. Membuat tumpeng bisa menggunakan santan instant namun rasa yang dihasilkan tidak gurih. Untuk mendapatkan nasi tumpeng dengan rasa yang gurih anda harus menggunakan perasan santan langsung dari kelapa. Proses ini memang cukup rumit karna membutukan waktu dan tenaga yang lebih. Dua hal ini sangat penting diperhatikan saat membuat nasi tumpeng.