Fakta Tentang Ikan Paus Orca Yang Jarang Diketahui

Ikan paus orca dianggap sebagai spesies ikan pemangsa terkuat di dunia. Kemampuan berburunya juga cukup tinggi karena dibekali dengan indera penciuman yang sangat tajam.

Ikan paus orca masuk dalam kelompok lumba-lumba dan kerap memangsa ikan paus yang berukuran kecil karenanya ikan paus orca juga dianggap sebagai ikan paus pemangsa sesama.

Hidup Berkelompok

Ikan paus orca juga memiliki kecenderungan hidup secara berkelompok dan dianggap sebagai makhluk sosial antar sesama ikan paus orca lainnya yang sama-sama berukuran besar dan telah dewasa.

Tiap kelompok ikan paus orca dikenal dengan istilah pod yang biasanya terdiri dari minimal 5 ekor dan maksimal 40 ekor ikan paus orca dalam setiap kelompoknya.

Komunikatif dan Memiliki Suara yang Khas

Terhadap sesama kelompoknya, ikan paus orca juga terbilang komunikatif dan menggunakan suara yang khas untuk berinteraksi dengan kelompok lainnya meskipun berada saling berjauhan satu sama lainnya.

Kemampuan komunikasi ini disebut dengan ekolokasi yang juga digunakan untuk berburu mangsa termasuk untuk memberitahukan keberadaan mangsanya kepada kelompok yang lain.

Puncak Rantai Makanan

Ikan paus orca masuk dalam kategori sebagai puncak dari rantai makanan dengan makanan utama meliputi ikan, anjing laut, pinguin, singa laut hingga ikan paus lainnya dengan menggunakan gigi mereka yang kuat.

Keberadaannya sebagai puncak dari rantai makanan itu pulalah yang membuat ikan paus orca memangsa berbagai hewan laut tanpa memandang jenis maupun ukurannya. Dan umumnya tiap kelompok atau pod terbagi lagi dalam kelompok kecil yang memiliki jenis mangsa yang berbeda.