Fungsi Slipper Clutch Pada Motor

Inovasi dan pengembangan teknologi sepeda motor terus bergerak maju. Pabrikan sepeda motor terus berusaha membuat produk dengan teknologi terkini. Diantaranya yakni  slipper clutch pada motor. Lalu, apa fungsi slipper clutch pada motor? ini dia penjelasanya.

Fungsi slipper clutch pada motor

Fungsi slipper clutch pada motor dulu hanya terdapat pada sepeda motor bermesin besar, kini dapat dirasakan oleh pengguna sepeda motor bermesin 250 cc ke bawah. Seperti Honda CB150R dan CBR250RR.

Slipper clutch bekerja dalam kondisi yang berbeda. Assist clutch bekerja saat sepeda motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch bekerja saat sepeda motor melambat.

Saat akselerasi, kopling Assist berfungsi untuk membantu mengoptimalkan transfer daya dengan menghilangkan kehilangan daya pada kopling. Sedangkan pada saat deselerasi, Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah roda belakang selip atau slip saat pengemudi mengerem mesin dengan cara menurunkan gigi secara ekstrim.

Dengan teknologi ini beban pegas kopling berkurang sehingga beban operasi tuas kopling berkurang.

Dengan bantuan kopling, pegangan menjadi lebih ringan, sehingga tangan Anda tidak mudah lelah saat berada di kemacetan.

Dengan adanya slipper pada kopling maka kecepatan sepeda motor akan lebih mudah dikendalikan saat engine brake (deselerasi ekstrim), karena sistem slipper clutch akan mencegah roda belakang terkunci sehingga tidak terjadi slip.

Dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, komponen gear, rantai dan ban lebih awet karena benturan saat engine brake berkurang.

Penting juga untuk diingat bahwa agar kopling semua komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan bekerja dengan sempurna, perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala.

Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan motor kesayangan anda di bengkel AHASS terdekat agar motor selalu dalam kondisi prima.