Kelebihan Mengunakan Ekspedisi Jakarta ke Banjarmasin Via Jalur Laut

 

Saat ini layanan Ekspedisi Jakarta tidak hanya dimanfaatkan oleh pelaku bisnis saja. Tetapi juga oleh kalangan perorangan. Di Indonesia sendiri untuk jenis pengirimannya terbagi menjadi tiga jalur yaitu udara, darat dan laut. Namun diantara ketiganya itu masyarakat lebih memilih menggunakan jalur laut. Hal itu lantaran biayanya lebih murah daripada lainnya.

Kelebihan Menggunakan Ekspedisi Jalur Laut

Meskipun paket yang dikirim menggunakan jalur laut ini akan sampai tujuan dalam waktu  lama yakin sekitar 10 hingga 18 hari. Namun tetap diminati masyarakat Indonesia lantaran banyak sekali kelebihannya seperti berikut.

  1. Prosedur Lebih Mudah

Alasan pertama mengapa seseorang lebih suka menggunakan kapal untuk mengirimkan barang atau dokumennya keluar kota yaitu karena prosedurnya dinilai lebih mudah. Selain itu banyak juga orang yang memberikan informasi tentang kebutuhan dokumen dan administrasi yang harus dipenuhi. Dengan begitu mempersiapkan semua dokumennya jauh-jauh hari.

  1. Mampu Menjangkau Seluruh Wilayah Pengiriman

Tentunya akan berbeda ketika barang dikirimkan melalui jalur laut yang mana mampu menjangkau seluruh wilayah terpencil di Indonesia. Sedangkan ketika memakai jalur darat ada keterbatasan dalam menjangkau wilayah pengiriman. Bahkan karena keterbatasan itu membuat  beberapa barang tidak bisa dikirim. Selain itu ketika menggunakan jalur laut barang dengan ukuran besar, elektronik yang menggunakan baterai aktif di dalamnya dan cairan kimia bisa dikirim secara mudah dan aman.

  1. Lebih Hemat Biaya

Ekspedisi menggunakan jalur laut dikenal masyarakat Indonesia biayanya lebih terjangkau. Selain itu pihak kapal juga menerima paket kiriman dalam jumlah  banyak dan ukuran besar dengan tarif yang murah. Oleh karena itu dengan dikirimkannya barang melalui jalur laut ini sangat direkomendasikan bagi pebisnis yang membutuhkan pengiriman barang dalam skala besar. Hanya saja dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan waktu pengiriman. Jika inginkan paket itu segera sampai ke tempat tujuan maka sebaiknya gunakan layanan dengan jalur udara.

Macam-macam Kapal Yang Digunakan Untuk Mengirimkan Paket Dari Jakarta Ke Banjarmasin

Berdasarkan versi kapal yang digunakan jalur pengiriman via laut dibedakan menjadi 4 yaitu kapal Pelni, tanker, peti kemas dan Roro. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan semuanya langsung saja simak artikel di bawah ini.

  1. Kapal Pelni

Perlu diketahui bahwa di awal kemunculannya transportasi laut ini lebih berfokus pada penumpang. Namun seiring berkembangnya waktu pleni terus menebarkan sayapnya dengan membuka jasa ekspedisi. Di samping itu saat ini perusahaan BUMN itu juga telah mengubah namanya menjadi Pleni logistik yang lebih berfokus kepada pengiriman barang dari antar kota misalnya Jakarta ke Banjarmasin.

  1. Kapal Kontainer (Peti Kemas)

Untuk kapal jenis ini akan digunakan untuk mengirim barang yang berbentuk kotak atau kontainer. Kemudian barang-barang itu nantinya akan disusun rapi oleh petugas di atas kapal lalu diberangkatkan menuju lokasi tujuan. Kapal jenis ini juga sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Jakarta untuk mengirimkan paket ke orang di Banjarmasin. Selain itu untuk biayanya bisa dibilang tidaklah terlalu mahal.

Itulah beberapa kelebihan  menggunakan ekspedisi Jalur laut untuk mengirimkan barang dari Jakarta ke Banjarmasin dan jenis kapal yang bisa dipilih. Umumnya untuk tarifnya sendiri dibandrol dengan harga Rp8.000 per kilonya. Bagaimana ramah di kantong bukan?. Namun untuk lebih jelasnya berapa besaran tarifnya bisa mengunjungi website dari masing-masing penyedia jasa ekspedisi yang telah Anda pilih sebelumnya.