Kenali Permainan Cublak Cublak Suweng beserta Manfaatnya

Cublak suweng merupakan permainan tradisional yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena permainan ini cukup tua dan turun temurun dilakukan dari generasi ke generasi selanjutnya. Namun, permainan ini masih terdengar asing bagi orang-orang tertentu. Berikut informasi yang perlu ketahui mengenai cublak-cublak suweng.

Apa itu Cublak-cublak Suweng?

Cublak cublak suweng merupakan permainan yang pelaksanaannya dengan mengetuk-ketuk seperti namanya cublak cublak. Alat yang digunakannya berupa subang yaitu suweng atau biji-bijian, yang diletakkan di telapak tangan para pemainnya. Pemainnya pun tidak terbatas jumlahnya sehingga bisa dimainkan oleh siapapun dan berapapun.

Manfaat Cublak-Cublak Suweng yang Menarik

Ternyata, permainan cublak suweng ini membawa dampak positif bagi pemainnya, terutama bagi anak. Dengan permainan ini, anak menjadi mampu menyanyi dan menyesuaikan ritme lagu serta gerakan tangannya. Selain itu, anak juga mengenal bahasa Jawa karena lagunya. Oleh karena itu, permainan ini menuntut anak menjadi lebih aktif.

Cara Bermain Cublak Suweng

Cara bermain permainan ini cukup mudah dilakukan. Salah satu pemain tengkurap dan pemain lain memutar benda kecil di atas tangan para pemain yang ada di punggung pemain tengkurap. Lalu, para pemain menyembunyikan benda tersebut dari pemain yang tengkurap. Setelah lagu yang diputar selesai, pemain tengkurap wajib menebak benda kecil itu dibawa siapa.

Permainan cublak cublak suweng membawa banyak manfaat bagi anak. Cara mainnya membuat anak tidak hanya merasa terhibur tetapi juga belajar yang berguna bagi masa perkembangannya. Adapun permainan anak-anak lainnya yang bermanfaat bisa ditemukan di toko jual mainan.