Ciri ciri Teks Eksplanasi

Bagaimana cara kita mengetahui sebuah teks jenis eksplanasi? nah berikut ini akan dibahas ciri ciri teks eksplanasi, apa itu teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi.

Tentang Teks Eksplanasi

Pernahkah kamu membaca sebuah teks mengenai proses terjadinya bencana alam di media? kalau pernah, itulah salah satu contoh teks eksplanasi. Nah supaya lebih jelas, berikut ini pembahasan teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa itu teks eksplanasi? Dikutip dari Yuksinau.id, teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan mengenai terjadinya proses 'mengapa' dan 'bagaimana'. Misalnya sebuah teks media massa tentang kejadian alam, ilmu pengetahuan, budaya, sosial dan sebagainya yang sifatnya bisa terjadi.

Sebuah kejadian apakah peristiwa alam atau sosial, senantiasa berhubungan kausalitas atau sebab akibat serta proses. Untuk menjelaskan ini, maka dibutuhkan teks eksplanasi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ini  beberapa ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu :

Informasi di dalam teks eksplanasi berisi fakta/faktual.

Hal yang dibahas teks eksplanasi yakni bersifat keilmuan atau berkaitan dengan iptek.

Sifat teks eksplanasi informatif serta tak bermaksud mengajak atau mempengaruhi audiens untuk percaya pada pembahasan.

Teks eksplanasi sifatnya umum bukan hasil partisipan manusia. Misalnya peristiwa banjir, gempa bumi, tsunami, hujan dan lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Untuk memenuhi kategori teks eksplanasi, sebuah teks haruslah memuat struktur berikut ini :

1. Identifikasi Fenomena

Struktur teks eksplanasi yang pertama, ada yakni identifikasi fenomena. Pada bagian ini, teks eksplanasi menerangkan gambaran umum peristiwa alam yang akan jadi pembahasan. Poin gambaran umum ini adalah membahas peristiwa alam ini bisa terjadi.

2. Rangkaian Kejadian

Struktur teks eksplanasi yang kedua, yakni rangkaian kejadian. di bagian ini, teks eksplanasi akan menjelaskan mengenai kausalitas atau sebab-akibat yang disebabkan oleh fenomena tersebut. Disini, kamu bisa membuat beberapa paragraf deskripsi mengenai penyebab dan akibatnya. Sebutan lain bagian ini adalah deretan penjelas.

3. Interpretasi

Selanjutnya ada interpretasi atau penerjemahan dalam struktur teks eksplanasi. Interpretasi disini maksudnya adalah ulasan, penerjemahan atau pengambil kesimpulan.  Disini kamu dapat memberi pernyataan atau tanggapan mengenai fenomena yang sedang kamu bahas tadi.

Kaidah Keabsahan Teks Eksplanasi

Untuk menyusun keabsahan teks eksplanasi, perhatikan beberapa hal berikut ini :

Menggunakan kalimat pasif

Terdapat istilah ilmiah

Bersifat informatif

Menggunakan kata kerja material dan rasional

Menggunakan konjungsi kausal dan waktu

Contoh teks eksplanasi

Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Tanah longsor secara ilmiah terjadi karena adanya pergerakan tanah dari atas, kemudian menyimpan dan menimbun apa saja di bawahnya.

Seringkali tanah longsor terjadi di kawasan pegunungan, perbukitan dan apalagi ketika musim hujan. Tapi bisa saja tanah longsor terjadi di dataran rendah akibat faktor lain.

Urutan Sebab Akibat

Tanah longsor disebabkan faktor faktor tertentu. yaitu curah hujan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu lama. Saat musim kemarau, tanah akan sangat kering dan merusak/pori pori tanah.

Kemudian saat musim hujan tiba, retakan ini terisi air hujan hingga titik jenuh. Struktur tanah yang gak lagi kiat menahan resapan air, membuatnya bergerak ke bawah lalu terjadilah tanah longsor.

Sekilas mungkin susah membedakan  struktur tanah yang kelihatannya sama tapi sebetulnya beda. tanah yang tipis, kurang tebal lebih gampang terjadi longsor contohnya tanah lempung dengan tekstur lembek dan lebih rentan terjadi pergeseran tanah.

Selain faktor alam murni, tanah longsor juga bisa disebabkan faktor manusia.Misalnya penebangan liar hingga sirkulasi air tanah mati. Struktur tanah tidak stabil, hingga sebabkan longsor.

Interpretasi

Jadi kesimpulanya tanah longsor disebabkan sejumlah faktor. Baik faktor alam maupun non alam (faktor manusia). Tapi manusia bisa meminimalisir risiko dengan menjaga alam dengan baik.