Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Bahasa Inggris saat ini masih menjadi bahasa internasional yang digunakan di hampir seluruh negara di dunia. Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai oleh masyarakat setelah bahasa milik negara asal. Bahas Inggris memiliki kaidah format penulisan yang berbeda dari Bahasa Indonesia termasuk untuk kaidah penulisan tanggalnya. Penulisan tanggal pada Bahasa Inggris menggunakan kaidah refernsi Bahasa Inggris yang mungkin saja belum terlalu familiar bagi sebagain orang.

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris terdiri dari dua versi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia, yaitu versi British atau mengacu pada referensi Bahasa Inggris yang digunakan di negara Inggris dan versi American atu mengacu pada referensi Bahasa Inggris yang digunakan di Amerika. Kedua versi ini memiliki versi penulisan tanggal yang berbeda.

Cara penulisan tanggal versi British = Tanggal-Bulan-Tahun (11th July 2022)

Cara penulisan tanggal versi American = Bulan-Tanggal-Tahun (Juli 11th  2022)

Kedua cara penulisan tersebut memiliki perbedaan penyebutan yang berbeda. Dalam Bahasa Inggris versi British akan dilakukan sebagai eleven of July two thousand and twenty two, sedangkan dalam Bahasa Inggris versi American akan dilakukan sebagai July elevent twenty twenty two. Perbedaan penyebutan tersebut tentunya membuat anda sedikit bingung.

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris dari Berbagai Versi

  1. Gaya American

Cara penulisan tanggal dengan gaya American memiliki format bulan-tangga-tahun (Month-Date-Year) atau sering kita temui dengan MM-DD-YY. Penulisan hari dari format ini dapat ditulis di depan sebelum penulisan tanggal.

 

Contoh:

Friday, July 11, 2022

 

  1. Gaya British

Cara penulisan tanggal dengan gaya British memiliki format yang berbeda dari American. Penulisan tanggal dengan gaya Britih ditulis sebagai tanggal-bulan-tahun (Date-Month-Year) atau sering kita temukan dalam penulisan DD-MM-YY. Satu-satunya persamaan dari penulisan tanggal gaya British dan American adalah penulisan hari. Penulisan hari sama-sama ditulis pada awal sebelum penulisan tanggal.

 

Contoh:

Friday, 11th July 2022

 

Penulisan gaya British biasanya menggunakan angka ordinal dan nominal. Angka ordinal ini adalah angka yang disebutkan dengan menyebutkan urutannya. Angka ordinal ini adalah angka yang sering digunakan dalam penulisan tanggal dalam versi British. Contoh angka ordinal yaitu, 1st , 2nd ,3rd ,4th, 5th ,6th, 7th, 8th, 9th, 10th, 11th, 12th, 20th, 21st, 22nd, 23rd, 24th, dan seterusnya.

 

  1. Standar Internasional

Karena terdapat dua versi Bahasa Inggris yang memiliki format dan referensi berbeda, maka perlu adanya sebuah standarisasi bahasa agar penggunaan bahasanya dapat lebih seragam dan padu. Sehingga masyarakat tidak mengalami salah penulisan atau salah dalam menangkap maksud dari versi Bahasa Inggris yang digunakan. Standar Internasional ini menjadi standar Bahasa Inggris yang bisa gunakan di seluruh penjuru dunia dan memiliki arti sama serta seragam.

Cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris versi Standar Internasional ditulis sebagai tahun-bulan-hari (Year-Month-Date) atau yang sering kita temukan sebagai YY-MM-DD. Penulisan hari untuk versi ini juga berbeda. Hari ditulis di akhir setelah penulisan tanggal.

 

Contoh:

2022 July 11 in Friday

 

Penulisan hari apabila dilakukan di depan maka akan mengalami kesalahan kaidah kebahasaan. Versi Standar Internasional juga lebih jarang menyebutkan hari, namun apabila diperlukan penulisan hari maka penulisan hari dilakukan di dibelakang tanggal dengan penambahan kata “in” terlebih dahulu.

 

Untuk anda yang tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dan bingung pada penulisan tanggal dalam berbagai versi tersebut, maka anda dapat meminta bantuan kepada jasa penulis artikel untuk membantu anda menulis tanggal dalam versi Bahasa Inggris.