Sudah Tahu Cara Mengobati Mata Kuning pada Bayi? Berikut Penjelasannya

Berbagai masalah kesehatan mungkin bakal sering terjadi pada bayi, salah satu yang paling familiar adalah mata kuning. Gangguan yang satu ini bisa terjadi dikarenakan beberapa penyakit mulai dari yang biasa hingga kronis. Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara mengobati mata kuning pada bayi.

Cara Mengobati Bayi yang Memiliki Mata Kuning

  1. Banyak Menyusuinya

Sudah menjadi rahasia umum, jika mata bayi yang kung ini juga disebabkan oleh kurangnya asupan ASI pada buah hati. Sehingga salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan ASI yang cukup sekitar 8 hingga 12 kali sehari. Tujuannya sendiri adakah untuk membersihkan bilirubin yang ada dalam tubuh si kecil.

  1. Melakukan Fototerapi

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya fototerapi. Dimana fototerapi ini merupakan perawatan dengan menggunakan cahaya khusus untuk menurunkan hingga menghilangi mata kuning pada buah hati. Kemudian untuk kegiatan fototerapi ini dilakukan dengan dua cara mulai dari konvensional hingga optik.

  1. Transfusi Tukar

Cara untuk mengobati bayi yang memiliki mata kuning terakhir adalah dengan melakukan transfusi tukar. Proses yang satu ini tergolong masih baru. Dimana untuk tata cara transfusi tukar ini yaitu mengeluarkan darah bayi dari dalam tubuhnya, lalu digantikan oleh pendonor  yang cocok.

Dari uraian diatas kita jadi tahu, bahwasannya ada tiga cara untuk mengobati bayi yang memiliki mata kuning. Cara yang dimaksudkan antara lain adalah dengan banyak menyusuinya, melakukan fototerapi, dan yang terakhir yaitu menjalankan transfusi tukar. Namun sebelum melakukan langkah di atas, sebaiknya lalukan konsultasi kepada ahlinya dahulu.