Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Pada Microsoft Word

Bagi yang masih baru menggunakan program Microsoft Word, tentunya masih membutuhkan banyak pemahaman mengenai software ini. Namun yang namanya belajar, awalnya memang terasa sulit tetapi jika sudah biasa kedepan semua menu dan fitur didalamnya pun akan semakin mudah dikuasai.

Kolom dan baris didalam Microsoft Word biasanya berkaitan dengan pembuatan tabel. Meski sebenarnya pembuatan tabel itu jarang dilakukan, tetapi jika ada tugas membuat tabel tentu saja Anda juga harus memakainya bukan. Meski mudah terkadang pengaturan didalam pengolahan tabel bisa saja membuat Anda kesulitan.

Kali ini akan dibahas mengenai cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word jika memang Anda belum memahami langkahnya. Silahkan baca lengkap ulasan berikut ini!

Inilah Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Pada Microsoft Word

Sebenarnya pengaturan lebar kolom dan tinggi baris yang ada di Microsoft Word bisa dilakukan secara manual namun juga bisa otomatis dilakukan. Dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com berikut ini beberapa cara untuk mengaturnya.

  • Silahkan blok lebih dulu kolom yang akan disesuaikan ukuran besar tinggi serta lebarnya tersebut.

  • Masuk ke Layout yang sudah tersedia di menu Bar bagian atas tampilan halaman Microsoft Word.

  • Setelah itu akan muncul Formating Bar, didalam menu ini akan tersedia pilihan menu lanjutan, dan silahkan memilih Cell Size.

  • Langkah terakhir adalah memasukkan angka sesuai denga lebar dan tinggi baris pada kolom sesuai yang diinginkan.

Perlu diingat oleh pemakai Microsotf Word, jika semakin besar angka yang dimaksukkan maka besar kolom baik dari ukuran tinggi dan lebarnya juga akan menyesuaikan angka yang sudah Anda masukkan. Dimana satuan setiap ukuran yang muncul adalah ince (ukuran default).

Apabila ingin menyesuaikan ukuran ke centimeter, silahkan masuk ke menu pengaturan lanjutan ke Word Option atau klik Loggo Office > Word Option > Advanced > Display maka ukuran yang sebelumnya inci bisa dirubah ke centimeter.

Bukan hanya melalui pengaturan diatas, untuk menyesuaikan lebar dan tinggi kolom pada Microsoft Word juga bisa dilakukan melalui dua sistem pengaturan memakai berikut ini.

  • Mengubah Tinggi Baris

Jika Anda ingin mengubah tinggi baris maka hal yang harus dilakukan antara lain:

  • Jika menggerakkan memakai Mouse maka silahkan meletakkan di baris atas kemudian tinggal memingdahkan memakai pengubah ukuran sampai menemukan simbol  dan tinggal menyeret pada batas yang sudah muncul di kolom.

  • Supaya penetapan tinggi baris sesuai dengan keinginan maka tinggal klik di sel baris sesuai dengan ukuran yang akan dirubah. Pada tab silahkan memilih Tata Letak yang ada di menu grub Ukuran Sel.

  • Klik pada bagian kotak Tinggi Baris Tabel dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Tinggal bagaimana Anda mengatur tinggi baris sesuai dengan ukuran tabel yang dinginkan. Jika ingin lebih rapi silahkan tahan ALT ketika menggeser penanda yang muncul di kolom

  • Mengubah Lebar Kolom

Apabila Anda ingin merubah lebar kolom, hal yang harus dilakukan antara lain:

Silahkan menggerakkan kursor memakai mouse. Kemudian cari tanda  supaya penanda ini memudahkan dalam mengubah ukuran kolom. Tinggal menggesernya menyesuaikan lebar kolom yang di inginkan.

Untuk mengubah ukuran, masuk ke Tata Letak kemudian ke Ukuran Sel. Klik pada bagian Lebar Kolom Tabel, tinggal bagaimana Anda menyesuaikan sesuai ukurannya.

Perlu diingat, silahkan menyesuaikan sendiri lebar kolom menyesuaikan panjang tulisan yang ada didalamnya supaya hasilnya lebih rapi.

Nah itulah beberapa cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat!