Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Balita

Perut kembung pada anak balita pastinya akan membuat anak merasa tidak nyaman dan sering buang angin. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada balita dengan efektif?

Perut kembung merupakan kondisi dimana terdapat udara atau gas berumbuk pada saluran pencernaan yang terlalu banyak. Sehingga untuk mengatasi perut kembung pada balita dengan efektif orang tua bisa menerapkan beberapa metode berikut :

1. Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi perut kembung pada balita yang harus dilakukan orang tua pertama adalah usahakan anak untuk tetap terhindari dengan baik. Orang tua bisa memberikan teh hangat tanpa gula kepada anak ataupun memberikan air putih yang cukup.

Dengan memberikan asupan cairan yang cukup bermanfaat untuk menenangkan saraf sehingga dapat membantu mengatasi sakit perut dan mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam perut.

2. Gunakan Kompres Hangat

Metode lainnya yang bisa orang tua berikan kepada anak saat perut kembung adalah melakukan kompres hangat. Buatlah kompres hangat ke bagian badan anak. Usahakan untuk melakukan kompres hangat menggunakan kain hangat bukan panas. Cara ini dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan sakit perut yang disebabkan karena kembung.

3. Konsumsi Makanan Probiotik

Memberikan makanan yang mengandung probiotik kepada anak juga merupakan cara efektif untuk mengatasi perut kembung. Makanan probiotik yang baik untuk dikonsumsi anak saat kembung adalah yoghurt. Karena di dalam yoghurt terkandung banyak bakteri baik yang bisa mengatasi perut kembung dengan efektif.