Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Rapi 

Selain belajar mewarnai, membaca, dan berhitung, Anda sebagai orangtua juga harus mengajari anka bagaimana cara menulis. Sama seperti belajar mewarnai dan lainnya, mengajarkan anak menulis dengan rapi bukanlah hal yang mudah.Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus selalu bersabar mengajarkan anak hal yang baru. Nah, berikut ini beberapa cara mengajari anak menulis rapi:

 

  • Sediakan tempat yang nyaman untuk latihan menulis

Sebelum mengajari anak menulis rapi, sebaiknya Anda sediakan terlebih dahulu tempat nyaman untuk anak belajar.Pastikan bahwa anak bisa latihan menulis di kursi dan meja yang stabil dan menyesuaikan tubuh anak.Hal ini dilakukan agar anak dapat duduk dengan postur yang baik.

 

  • Mengajarkan anak cara memegang pensil dengan benar

Kemudian, ajarkan pada anak cara memegang pensil dengan benar. Untuk mendapatkan hasil tulisan yang rapi, pegang pensil menggunakan ibu jari dan telunjuk, sementara ketiga jari lainnya ditempatkan di belakang jari telunjuk. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai anak paham bagaimana cara memegang pensil dengan benar.

 

  • Ajarkan anak menulis sesuai dengan garis kertas

Berikanlah kertas bergaris kepada anak sebagai media untuk menulis.Ajarkan si kecil tentang titik untuk menuliskan hurup besar maupun kecil.Jika si kecil sudah paham, cobalah untuk meminta si kecil untuk menuliskan huruf-huruf tersebut secara sejajar.Kemudian mintalah anak menulis satu huruf dalam selembar kertas hingga huruf yang dibuat anak cukup baik.