Apa Itu QR Code Dan Berikut Cara Membuat QR Code Microsoft Word, Gampang Dan Mudah

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang keberadaannya cukup populer saat ini. Banyak orang yang menggunakan Microsoft word dikarenakan memiliki banyak keunggulan dibanding dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Diantaranya yaitu tampilannya yang user friendly dan mudah dalam penggunaannya. Selain itu, Microsoft word dapat membuat QR Code. Simak cara membuat QR Code Microsoft word.

Apa itu QR Code?

Quick Responses Code (QR Code) adalah sebuah barcode dua dimensi yang bisa memberikan berbagai informasi secara langsung. Tujuan pembuatan QR Code adalah memudahkan pengguna mengakses informasi secara langsung. Untuk mengaksesnya pengguna perlu melakukan pemindaian atau scan dengan smartphone. Berikut cara membuat QR Code Microsoft Word.

Cara Membuat QR Code di Microsoft Word

Cara membuat QR Code Microsoft Word yang pertama adalah buka Microsoft word anda setelah itu lihat menu bar dan silahkan pilih Menu Insert. Setelah itu, di group menu, silahkan pilih Object. Maka akan muncul tampilan jendela Object, setelah itu aktifkan tab Create New lalu pilihlah Corel BARCODE 12,0 dan yang terakhir klik OK.

Maka jendela barcode wizard akan terbuka, setelah itu pilih format barcode yang anda inginkan kemudian masukkan kode pada kotak yang tersedia, lalu klik Next. Di jendela selanjutnya, atur tinggi dan juga lebar kode batang dan juga kualitas yang diinginkan. Jika sudah klik next dan Silahkan kalian atur font-nya, apabila sudah lalu klik finish. Selamat, barcode anda sudah siap digunakan

Cara Membuat QR Code di Microsoft Word Menggunakan Plugin QR4Office

Cara membuat QR Code Microsoft Word yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Plugin QR4Office. Langkah pertama yaitu Install plugin QR4Office di Microsoft Word terlebih dahulu. Setelah itu tambahkan Add-in QR4Office ke Microsoft Word anda. Cari dan juga pilih menu Insert  dan klik Get add ins kemudian masukkan QR4Office dalam pencarian dan pilih Add terakhir klik Continue.

Jika plugin QR4Office telah terinstal, maka secara otomatis akan muncul pada layar di bagian sebelah kanan. Cara membuat QR code di word yaitu dengan memasukkan atau ketik link web atau teks, selanjutnya pilih ukuran dan juga warna yang diinginkan, kemudian pilihlah Insert. Maka dengan sendirinya QR code akan muncul di halaman Word anda.

Sebelum QR Code tersebut anda save untuk digunakan, maka ada baiknya anda test terlebih dahulu melalui scanner barcode di hp anda. Apabila dirasa sudah pas, maka klik kanan pada barcode, kemudian pilih Save as Picture. Selesai barcode anda sudah bisa untuk digunakan. Anda dapat menempelkannya pada barang dagangan anda untuk manajemen keuangan dan pemasaran yang lebih baik

Kegunaan QR Code

Terdapat beberapa kegunaan QR Code yang saat ini beredar di masyarakat luas diantaranya adalah untuk metode pembayaran cashless kemudian juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi yang biasanya akan dihubungkan pada media sosial, website, atau nomor WhatsApp tertentu untuk keperluan promosi Mengakses jaringan WiFi di lokasi tertentu.

Demikian mengenai Cara Membuat QR Code di Microsoft Word secara Mudah. QR Code sering sekali dijumpai saat berbelanja di alfamart atau indomaret, namun kebanyakan orang yang tidak tahu cara membuat QR Code ini. Padahal hanya dengan Microsoft Word saja sudah bisa membuatnya. Selain cara membuat QR Code di Microsoft word anda juga dapat memahami cara menghapus halaman kosong di word.