Cara Membuat Link di HTML yang Cepat dan Mudah

Bayangkan jika ada sebuah website yang tidak mempunyai link, tentu semua orang akan kerepotan karena harus mengetik sendiri alamat web atau URL dari website yang ingin mereka kunjungi. Misalnya para pengunjung ingin mengetahui kontak lebih lanjut dari sebuah website, maka mereka harus mengetik sendiri https://www.websiteabc.com/contact.html dan mereka ingin menuju ke menu selanjutnya, maka mereka harus mengetik manual. Tentunya hal itu sangat merepotkan sehingga akan membuat orang tidak ingin mengunjungi website tersebut lagi. Karena itulah suatu website membutuhkan link. Jika Anda mempunyai suatu website, maka Anda harus belajar cara membuat link di html.

Definisi dari HTML

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat link di HTML, ada harus tahu definisi dari HTML itu sendiri. Dilansir dari Lewatin Aja,Hyperlink atau link merupakan elemen dari HTML. Elemen tersebut mempunyai fungsi untuk menghubungkan pengunjung website dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Tentunya elemen tersebut harus bisa diklik sehingga pengunjung akan diarahkan ke halaman lain yang sesuai dengan alamat website yang diberikan.

Fungsi dari HTML adalah untuk membuat suatu halaman website menjadi mudah diakses, mudah dibaca, dan dipahami lebih mudah oleh para pengunjung. Karena itulah semua website yang ada di internet pasti mempunyai HTML. Fungsi selanjutnya adalah untuk menandai teks pada suatu halaman. Dengan demikian, link akan mempunyai tampilan teks yang berbeda seperti lebih tebal, bergaris miring, atau bergaris miring dan tebal. Lalu bagaimana cara membuat HTML pada website Anda?

Cara Membuat Link di HTML untuk Website Anda.

Anda bisa menggunakan tag <a> untuk membuat link pada HTML. Tag yang Anda gunakan ini harus mempunyai atribut href sehingga link akan menjadi aktif. Href juga berfungsi untuk membuat alamat website tujuan dari link yang akan dibuat. Terdapat format coding yang bisa Anda temukan di internet untuk membuat link di HTML. Gunakan format coding tersebut dan disesuaikan dengan isi website Anda. Saat link sudah berhasil dibuat, maka akan mempunyai tampilan berupa tulisan berwarna biru dan bergaris bawah. Ini adalah tampilan standar dari semua alamat website.

Namun meskipun link tersebut sudah ada, link ini belum bisa diakses atau belum tersedia oleh pengunjung. Pada saat pengunjung klik link tersebut maka besar kemungkinan mereka akan menemuka tulisan 404 Not Found. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus menyimpan link yang sudah dibuat tadi ke dalam satu folder yang mempunyai file link.html.

Untuk link yang ada pada website memang tidak menggunakan alamat website yang lengkap seperti menggunakan https. Ini karena link yang Anda buat pada html adalah internal link. Sehingga yang Anda tulis bukan alamat website, namun alamat link yang berisi menu pada website Anda, misalnya menu about, contact, new post, new comment, dan lain sebagainya. Karena itulah Anda harus mengerti pada terdapat dua jenis link pada HTML. Yang pertma adalah internal link yang merupakan halaman web itu sendiri. Jadi link tersebut hanya akan membawa Anda pada alamat website yang sama, namun berbeda halaman saja.

Sedangkan untuk external link adalah link yang Anda klik pada suatu website untuk membawa Anda ke website yang lain. Misalnya di halaman website Anda, Anda menyantumkan link akun media sosial Anda, jika pengunjung klik pada external link tersebut, maka mereka akan diarahkan ke akun media sosial Anda. Mereka akan keluar dari halaman website Anda menuju halaman website lain.