Cara Membuat Kue Lumpur Yang Bisa Dipraktekkan Sendiri Di Rumah

Umumnya kue tradisional ini dipadukan dengan kismis atau  kelapa muda di atasnya. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang topingnya dapat dikreasikan dengan taburan potongan nangka dan ekstra daun suji yang wangi.

Cara Membuat Kue Lumpur

Dikarenakan rasanya yang manis dan memiliki tekstur lembut. Kue ini sangat cocok disajikan dengan teh hangat atau kopi. Selain itu untuk proses pembuatannya juga dapat dibilang sangatlah mudah. Bahkan seorang pemula pun bisa melakukannya. Adapun caranya seperti berikut.

Bahan-Bahan:

400 ml santan segar.

100 ml ekstrak daun pandan suji.

150 gram gula pasir.

½ sendok teh garam.

2 butir telur ayam.

250 gram kentang.

250 gram tepung terigu.

50 gram mentega yang telah dicairkan.

5 buah nangka dipotong-potong kecil.

Proses Pembuatan:

Masukkan santan, ekstrak daun suji dan garam di dalam panci. Kemudian masak hingga mendidih. Setelah itu saringlah dan diamkan sampai dingin. Kocoklah telur, gula sampai mengembang. Masukkan kentang beserta tepung terigu lalu kocok rata. Tidak lupa juga untuk menambahkan santan serta mentega. Tahap selanjutnya panaskan cetakan kue lumpur, semir menggunakan minyak. Tuangkan adonan kurang lebih ¾ tinggi cetakan. Tutuplah wajan hingga mengembang dan berilah potongan nangka. Terakhir tunggu hingga matang.

Itulah cara membuat kue lumpur yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Tentunya teksturnya yang lembut dipadukan dengan ekstrak daun pandan membuat aromanya semakin wangi. Dikarenakan termasuk makanan basah maka harus segera dihabiskan agar tidak basi.