Mau Tahu Cara Memblokir Hp yang Hilang,  Ini Tipsnya

 

Gadgetinku, kamu harus siap bahwa kejadian smartphone yang hilang pastinya bisa dialami oleh siapa saja tanpa disadari sekalipun. Maka dari itu, kamu harus mewaspadainya sedari diri apabila sewaktu-waktu hal tersebut terjadi padamu. Sebab, ada beberapa risiko yang akan terjadi jika smartphonemu benar-benar hilang. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai risiko smartphone yang hilang terlebih dahulu sebelum mengetahui cara untuk mengatasinya.

 

Apa Saja Risiko Hp yang Hilang? Ini Dia Ulasannya

 

Salah satu risiko utama yang paling sering terjadi saat smartphonemu hilang tidak lain yaitu bisa saja data pribadimu dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Parahnya lagi, ternyata data pribadimu tadi bisa disalahgunakan untuk mengajukan permintaan pinjaman online dengan menggunakan identitas orang lain. Mengingat setiap detail data pribadi seseorang dapat dijual secara bebas di pasar gerap dark web. Maka dari itu, kamu wajib untuk memblokir smartphonemu yang hilang tersebut supaya data pribadi milikmu tadi tidak disalahgunakan oleh merekan. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, maka dari itu simak ulasan artikel yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi mengenai tips  memblokir smartphone yang hilang.

Ini Dia Cara Mudah Memblokir Smartphone yang Hilang, Mau Tahu?

 

Bagi kamu pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS, maka kamu wajib memnuat keterangan device hilang di aplikasi find my phone. Bahkan, jika lokasi hilangnya smartphonemu itu tadi tidak bisa terdeteksi kamu wajib membuat keterangan devicemu yang hilang tersebut melalui aplikasi find my iphone.

 

Setelah itu, kamu tinggal memilih fitur lost mode tadi saja supaya mereka bisa segera menemukan ponselmu dan menghubungi nomormu melalui pesan singkat di smartphone yang hilang tadi. Setelah itu, kamu bisa melaporkannya pada pihak yang berwajib lalu nantinya akan dimintai nomor seri smartphonemu untuk dilacak.  Jangan lupa hubungi pihak perbankan dan juga operator seluler untuk memblokir akses yang terhubung ke smartphonemu tadi.

 

Apabila kamu pengguna smartphone dengan sistem operasi android maka cara memblokirnya juga hampir mirip seperti di iOS tadi. Dimana kamu wajib membuat keterangan hilang terlebih dahulu di  android find dengan log in ke situs resminya. Tentunya kamu harus menggunakan alamat emailmu sendiri untuk bisa mengaksesnya setelah itu pilih opsi secure device supaya bisa mengunci secara otomatis smartphonemu yang hilang tadi dari jarak jauh.

 

Setelah itu, kamu tinggal melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib untuk mencegah kebocoran data privasi yang mungkin saja terjadi. Selain itu, kamu juga wajib menghubungi pihak perbankan, operator seluler, dan juga cari bantuan lainnya untuk memblokir seluruh akses yang masih terhubung di smartphonemu  tadi tentunya. Dengan begitu, seluruh data yang ada di dalam smartphonemu itu tadi tidak  disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut pastinya.

 

Terakhir, kamu harus memblokir smartphone dan juga seluruh data yang ada di dalamnya dengan menggunakan android find lalu pilih fitur erase device. Nantinya semua data seperti halnya foto, video, dan juga aplikasi yang ada di dalam hpmu secara otomatis akan hilang dengan sendirinya berkat bantuan android find itu tadi. Perlu kamu waspadai bahwa meskipun smartphone yang hilang tersebut bisa diatasi, namun kamu wajib untuk tetap berhati-hati. Sehingga nantinya smartphonemu tidak hilang, sebab jika sudah terlanjur nantinya prsoses mengurusnya akan sangat ribet tentunya.