4 Cara Bersihkan RAM HP Paling Efektif

Ini adalah cara membersihkan RAM HP agar memori tidak berfungsi dengan baik. Silahkan lihat di bawah ini.

1. Periksa penggunaan memori dan hapus aplikasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah klik Pengaturan Android> Memori untuk melihat berapa banyak memori RAM yang tersedia dan digunakan. Selain itu, pengguna dapat mengklik Memori yang Digunakan oleh Aplikasi untuk melihat berapa banyak memori yang digunakan aplikasi.

Pengguna dapat mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang menghabiskan memori dengan mengklik Urutkan berdasarkan Penggunaan Maksimum dengan tiga tombol di sudut kanan atas. Sebuah aplikasi dimana pengguna berhenti bekerja untuk membebaskan memori RAM telepon.

2. Pilih Menonaktifkan Mode Aplikasi

Selain penghapusan, opsi lain adalah selalu menonaktifkan atau menonaktifkan aplikasi untuk program yang Anda butuhkan. Pengguna HP dapat mengklik Settings > Apps, mencari aplikasi yang dapat di jeda, dan klik Disable. Biasanya, aplikasi akan berhenti sementara, tetapi kinerjanya tidak optimal, jadi ada baiknya untuk memeriksa fitur-fitur ponsel Android Anda secara teratur.

3. Menonaktifkan animasi dan transisi

Animasi dan transisi membuat ponsel Android Anda tampak hebat, tetapi aplikasi ini membutuhkan banyak memori RAM. Jika ponsel Anda lambat, Anda dapat membuka fitur opsi pengembang dan menonaktifkan atau menonaktifkan aplikasi ini. Caranya klik Setting > Device Info dan masukkan build number hingga muncul tulisan "Selamat". Anda sekarang adalah seorang pengembang.

Pengguna kemudian dapat mengklik Pengaturan> Pengembang dan gulir hingga mereka menemukan Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Periode Animator. Ketuk salah satunya untuk mematikan animasi.

4. Jangan gunakan wallpaper hidup

Google Store menawarkan berbagai wallpaper hidup agar ponsel Anda tidak terlihat membosankan. Sayangnya, wallpaper hidup membutuhkan banyak memori RAM, sehingga Anda berisiko memperlambat ponsel Anda.

Oleh karena itu, jika Anda menghadapi masalah yang berkaitan dengan memori RAM, jangan gunakan wallpaper hidup atau widget yang ekstensif. Cukup gunakan wallpaper dan widget sederhana seperti kalender dan pemutaran musik.