Bagaimana Cara Melatih Anak untuk Berpuasa?

Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang memang harus dilakukan oleh umat muslim. Puasa adalahn menahan lapar, dahaga dan juga hawa nafsu. Untuk itulah sangat disarankan untuk beberapa umat muslim mempersiapkan diri sebelum masuk pada bulan puasa. Kegiatan puasa ini sangat perlu untuk ditanamkan pada anak-anak. Apalagi sebagai orang tua harus bisa mengajarkan anak untuk berpuasa sedari dini agar nantinya bisa terbiasa pada saat sudah menginjak dewasa.

Bagi anak-anak, Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa setengah hari. Sebab, beberapa anak-anak pastinya akan merasa kaget apabila mereka harus berpuasa langsung seharian yang seringkali membuat mereka merasa lemas dan pusing. Cara ini juga membantu untuk membiasakan menahan lapar dan dahaga meskipun baru setengah hari. Jangan lupa juga beritahukan apa makna puasa untuk sang anak bahwa seperti melakukan ibadah sahur, ibadah taradus Al-Quran dan beberapa pahala yang akan didapatkan selama berpuasa.

Agar puasa lebih menyenangkan, sebagai orang tua juga perlu untuk menyiapkan makanan kesukaannya pada saat akan menyantap buka puasa. Beberapa makanan ini juga menjadi hadiah atas pencapaian puasa yang sudah dilakukan. Anda juga bisa memberikan anak hadiah apabila mereka selesai dalam menjalankan ibadah puasanya. Berikan contoh yang baik untuk anak Anda dengan melaksanakan beberapa ibadah tambahan lain dan buat puasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan mengisi aktivitas yang bermanfaat.