Cara Cek Resi JNE, J&T, Anteraja, Tiki Secara Online

 

Saat ini, jasa ekspedisi semakin banyak diminati masyarakat. Apalagi semenjak masyarakat beralih ke sistem jual beli online. Mau tak mau, tentunya mereka memerlukan jasa ekpedisi untuk mengantar barang yang dibeli/dijual. Bicara soal ekspedisi,  JNE, J&T, Anteraja, dan Tiki menjadi jasa ekspedisi yang paling terkenal di Indonesia.

 

Selain terjangkau, cara cek resi JNE, J&T, Anteraja, Tiki pun terbilang mudah dan cepat. Lantas, bagaimana cara mengeceknya?

 

Pengertian dan Fungsi Resi

Melansir Papuanews.id, resi merupakan kombinasi nomor dan huruf yang dibuat khusus oleh pihak ekspedisi. Adapun fungsi dari resi digunakan untuk mengecek atau memantau proses pengiriman barang. Dengan begitu, kamu akan tahu di mana paket kamu sedang berada. Tak hanya itu, resi juga merupakan identitas dari barang atau paket, dengan kata lain, resi merupakan bukti bahwa paket kalian sudah dikirim oleh pihak ekspedisi.

 

Tanpa nomor resi, barang yang kalian beli atau kirim, tidak akan bisa dikirim oleh pihak ekspedisi manapun. Umumnya, resi akan diberikan oleh pihak ekspedisi berupa lembaran kertas, yang berisi informasi lain seperti tanggal pengiriman, alamat dan nama pengirim, alamat dan nama penerima, hingga jenis barang.

 

Cara Cek Resi JNE

JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi yang banyak dipakai masyarakat Indonesia karena punya titik layanan yang mencapai lebih dari 6.000 lokasi. Selain itu, cara cek resi JNE pun mudah, yakni cukup dengan mengikuti langkah berikut.

  • Buka website resmi JNE, klik ‘Lacak Kiriman’, atau kunjungi situs https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.

  • Temukan nomor resi JNE. Pada lembar bukti pengiriman, nomor resi JNE terletak di atas, di sebelah tulisan 'Air Waybill Number' atau 'No e-connote'.

  • Masukkan nomor resi pada kolom ‘Lacak Kiriman’, isi captcha, dan klik ‘Tracking’.

Cara Cek Resi J&T

J&T hampir memiliki 100 pusat gerbang dengan peralatan profesional, 4.000 titik operasi, lebih dari 30.000 sumber daya manusia terlatih, dan ribuan armada. Adapun resi J&T dapat dicek dengan cara berikut.

  • Cari nomor resi J&T pada nota bukti pengiriman paket. Nomor resi biasanya terletak di bawah barcode.

  • Pilih Trace & Track atau buka situs https://jet.co.id/track.

  • Masukkan no resi pada kolom pelacakan/tracking pengiriman, lalu klik search.

 

Cara Cek Resi Anteraja

 

Dikutip dari Papuanews.id, mengecek sebuah nomor resi dari perusahaan ekspedisi kini merupakan hal mudah yang bisa dilakukan melalui online maupun offline. Hal ini juga berlaku untuk cek resi Anteraja dengan mengikuti langkah berikut.

 

Buka situs resmi Anteraja atau melalui link https://anteraja.id/tracking

  • Masukkan 13 digit nomor resi atau AWB (air waybill) ke kolom lacak paket. Selain nomor resi, pelanggan bisa memasukkan informasi kode booking maupun nomor invoice.

  • Masukkan kode captcha sesuai karakter yang tampil di samping kiri kolom pengisian.

  • Klik tombol lacak.

Cara Cek Resi Tiki

 

Bicara soal cek resi JNE, J&T, Anteraja, Tiki , belum lengkap kalau tak membahas TikI. Ekspedisi yang juga sering jadi andalan dalam mengirim barang adalah Tiki. Bahkan, saat ini Tiki juga memiliki layanan Cash On Delivery, Asuransi, hingga Drive Thru. adapun resi Tiki dapat dicek dengan cara berikut.

 

  • Kunjungi situs resmi Tiki di tiki.id

  • Masukkan nomor resi di kolom ‘Cek Resi’, klik ‘Lacak’.

Baca juga: